Dampak Negatif mengkonsumsi Sayuran dan Buah Non Organik

307

Sayuran dan buah buahan yang bukan organik, secara umum tetap dapat dimakan dan dianggap aman. Tetapi, ada beberapa hal yang dapat menjadikan makanan menjadi tidak aman oleh karena pestisidanya, dan ini berkaitan dengan praktik pemakaian pestisida tersebut.

Oleh karena itu diberikan anjuran pemakaian yang benar pada setiap produk pestisida yang ada dengan harapan hal ini kemudian dapat membantu agar makanan seperti buah dan sayuran tidak menjadi tidak aman dikonsumsi.

Pestisida yang dipakai dalam jumlah berlebihan, dapat menimbulkan efek akut, dimana dapat terjadi mual, muntah, gangguan saluran cerna, sakit kepala. Dapat mengakibatkan gangguan seperti demensia atau pikun dan penyakit parkinson, dalam jangka panjang, selain itu dapat mengganggu kesuburan pria, menyebabkan kanker.

Untuk mencegahnya tentu dengan mengurangi mengkonsumsi secara berlebihan. Untuk pencegahan terjadinya efek negatif pestisida yang berlebihan adalah mengkonsumsi produk organik, penggunaan pestisida sesuai anjurannya, selalu mencuci bahan makanan yang ada, buah dan sayur segar, membuang bagian terluar sayuran atau buah yang merupakan tempat terbanyak residu pestisida. Semoga bermanfaat.