Cara Mudah membersihkan Layar Laptop yang Kotor

270

Layar laptop dengan ukuran yang beragam, saat ini memiliki sejumlah kekurangan dan keunggulan. Selain itu, ada untuk mencegah layar terkena noda tentunya akan mengganggu tampilannya.

Untuk membersihkan permukaan layar laptop, Anda pasti akan menemukan banyak cara dan peraturan yang sering bertentangan satu sama lain. Biasanya, Anda tidak boleh membersihkan layar dengan semprotan aerosol, pelarut, atau pengikis.

Selain itu jangan sekali sekali menggunakan apapun selain air hangat, jangan menyemprotkan cairan langsung pada layar, jangan menggunakan kain keras, dan lain sebagainya.

Bagi Anda yang merasa bingung, berikut ini kami tampilkan tips mudah untuk membersihkan layar laptop, sebagaimana dikutip dari Tech Radar.

1. Gunakan Kain Mikrofiber
Sebaiknya Anda menggunakan kain mikrofiber, kain yang digunakan untuk membersihkan kacamata dan lensa kamera. Kenapa? Karena kain ini tidak memiliki serat sehingga aman untuk membersihkan layar Anda tanpa meninggalkan bekas goresan.

Gunakan kain mikrofiber yang dirancang khusus untuk membersihkan kacamata atau lensa kamera. Sebelum mulai membersihkan layar, matikan laptop terlebih dahulu supaya debu yang menempel di layar laptop mudah terlihat. Usahakan untuk mengusap ke satu arah dan jangan menekan layar terlalu keras. Hindari mengusap layar dengan gerakkan melingkar, karena hal ini rentan membuat layar tergores.

2. Pakai Spon Lembab
Untuk penggunaan Spon, Anda membutuhkan cairan yang dibuat dengan mencampurkan air dan cuka putih. Atau Anda bisa beli cairan pembersih khusus yang dijual secara botolan. Seperti cara pertama, pastikan Anda sudah mematikan laptop dan tidak terhubung ke stop kontak listrik. Jika memungkinkan, ada baiknya Anda mencabut baterai dari laptop.

Usai itu, basahi spon dengan cairan tersebut dan peras hingga sampai tidak ada tetesan air yang keluar. Usap layar secara perlahan yang di area yang kotor dengan spon. Tunggu hingga layar benar-benar kering sebelum memakai laptop. Semoga Bermanfaat.