Cara Mengoptimalkan Performa Ponsel Android

82

Ponsel dengan sistem operasi Android terkadang penggunaannya semakin lama tingkat performanya lama kelamaan akan menurun. Anda mungkin pernah mengalami ponsel Android menjadi lambat ketika digunakan. Saat performa ponsel menurun, jangan terburu-buru membeli ponsel baru.

Ini beberapa hal yang bisa Anda perhatikan untuk mengoptimalkan performa ponsel Anda.

Hapus Aplikasi yang Tidak Dipakai

Salah satu cara menjaga kapasitas memori internal adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Tanpa disadari, semua aplikasi yang berjalan di smartphone biasanya memakan banyak ruang penyimpanan.

Dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan, setidaknya ini akan memberikan ruang penyimpanan menjadi lebih lega, sehingga diharapkan performa ponsel kembali optimal.

Gunakan Kartu Memori Tambahan

Jika kapasitas memori internal dirasa kurang, tidak ada salahnya Anda memasang kartu memori tambahan. Apalagi bagi Anda yang hobi memotret dengan kamera smartphone beresolusi tinggi.

File foto tersebut tentu bakal memenuhi ruang memori internal. Jadi, akan lebih baik jika Anda menyimpan foto di kartu memori eksternal agar kinerja ponsel tetap optimal.

Batasi Widget

Salah satu cara memaksimalkan RAM ponsel ialah membatasi widget dan wallpaper hidup, di mana keduanya cukup menyita penggunaan RAM.

Ini juga dapat menyebabkan baterai Anda terkuras lebih cepat. Jadi ingat untuk membatasi jumlah widget dan wallpaper hidup untuk mengoptimalkan memori ponsel Anda.

Rutin membersihkan Chace di Browser atau aplikasi lain

Yang terakhir, ponsel android yang menggunakan berbagai aplikasi dalam penggunaannya, akan menyimpan chace atau file sampah yang tersimpan dan membuat penyimpanan akan cepat penuh, rutin membersihkan adalah langkah yang dilakukan setiap waktu diperlukan.