Cara Mengirim SMS melalui PC

195

Tanpa disadari perkembangan teknologi yang ada hingga saat ini semakin menunjang kelangsungan hidup manusia. Salah satu perkembangan yang terus dikembangkan adalah alat komunikasi. Tak dipungkiri kalau masyarakat zaman sekarang ini selalu membutuhkan fitur atau fasilitas terbaru dari alat atau sistem komunikasinya. Hal ini berguna untuk makin memudahkan komunikasi antar sesama kapan saja dan di mana saja. Nah, salah satu inovasi yang baru ini datangnya dari alat perpesanan, yaitu SMS atau Short Message Service.

Proses berkirim pesan dengan SMS biasanya dilakukan dengan menggunakan handphone. Namun, kini Anda bisa melakukan SMS dengan menggunakan PC. Hal ini sangat mempermudah Anda yang memiliki kesibukan di depan komputer dan tak selalu menatap layar handphone.

Berbeda dengan WhatsApp for web yang tetap membutuhkan setidaknya nomor telepon agar bisa terhubung, kalau SMS melalui PC ini Anda tidak membutuhkan itu. Hal ini berkat aplikasi Google, jadi Anda bisa berkirim pesan lewat PC. Ya, nama aplikasinya adalah Google Messages.

Aplikasi ini sebenarnya bawaan untuk perangkat Android yang menjalankan Android Stock, misalnya seperti smartphone Asus, Pixel, dan lain sebagainya. Tapi, tak perlu khawatir, buat Anda yang tidak menjalankan Android Stock, Anda tetap bisa menggunakannya dengan men-download aplikasi Messages di Play Store terlebih dahulu.

Berikut langkah-langkah menggunakan SMS lewat PC.

1. Download aplikasi Messages terlebih dahulu di Play Store. Kalau Anda sudah memiliki aplikasinya, pastikan untuk memperbarui atau update aplikasinya ke versi terbaru.

2. Setelah itu, buka link ini https://messages.google.com/web/authentication?redirected=true di PC. Di halaman awal web tersebut akan muncul QR code yang perlu Anda pindai.

3. Untuk memindai QR code tersebut, buka aplikasi Messages . Pilih tanda titik tiga di pojok kanan atas. Pilih Messages for web.

4. Kalau sudah memindai QR code, nanti pada halaman tersebut akan secara otomatis memiliki tampilan, kontak, dan lain-lain yang sama seperti messages di Android Anda.

Cara menggunakan SMS di PC ini mirip dengan penggunaan WhatsApp for web. Jadi Anda tak perlu bingung atau merasa kesulitan saat menggunakannya.

Nah, untuk mengirim pesan atau SMS lewat PC ini, pastikan smartphone atau perangkat Android Anda selalu dalam keadaan hidup. Soalnya, kalau layar Android Anda mati, Anda tidak bisa mengirim pesan karena sinyal yang didapatkan saat berkirim pesan lewat PC ini berasal dari handphone-mu. Jadi, kalau layar smartphone mu mati, maka sinyalnya juga akan hilang.

Buat Anda yang sudah memperoleh sistem operasi Android One, maka aplikasi Messages ini sudah ada langsung secara otomatis di setiap perangkatnya. Namun, buat Anda yang belum menggunakan sistem operasi Android One, Anda bisa men-download-nya secara gratis di Play Store.