Cara menggunakan WhatsApp Business untuk memaksimalkan Jualan

112
Cara menggunakan WhatsApp Business untuk memaksimalkan Jualan

Berbeda dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business merupakan aplikasi pesan instan yang di peruntukkan untuk pelaku bisnis. Selain untuk chatting, WhatsApp Bisnis juga bisa dimanfaatkan sebagai media untuk menjual produk atau jasa secara online, seperti barang kebutuhan dan lainnya.

Sejak dirilis tahun 2018, WhatsApp Business semakin memperkaya fiturnya. Fitur tersebut bisa dimanfaatkan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk mengoptimalkan usahanya, seperti jualan online.

Untuk memaksimalkan penggunaannya, berikut ini tips yang bisa diterapkan di bisnis Anda.

Mengoptimalkan Profil Bisnis
Berikan foto profil terbaik atau bisa juga menggunakan logo bisnis. Buatlah deskripsi singkat mengenai usaha yang dijalankan, seperti kategori bisnis, alamat, jam operasional, e-mail, hingga website. Untuk melengkapi detail informasi ini sangat mudah.

– Masuk ke WhatsApp Bisnis
– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools”
– Klik “Business Profile”
– Kemudian lengkapi informasi detail bisnis Anda

Agar terkesan profesional, pengguna juga dapat menambahkan informasi lain, seperti jam operasional dan lokasi offline bisnis Anda.

Mengaktifkan Fitur greeting
Fitur greeting messages atau chat selamat datang adalah fitur yang dapat diaktifkan ketika pelanggan pertama kali mengirim pesan. Fitur ini memberikan kesan ramah dan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Untuk mengaktifkan fitur ini berikut caranya:

– Masuk ke WhatsApp Business
– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools” Pilih “Greeting message”
– Pilih menu “Greeting message” dan klik ikon pensil untuk membuat pesan selamat datang untuk pelanggan
– Tulis kalimat ucapan selamat datang sesuai yang diinginkan

Menambahkan katalog produk
Katalog berguna memberikan informasi detail terkait berbagai produk yang dijual. Melalui katalog, pelanggan dapat langsung memilih item produk yang ingin dipesan dan langsung terhubung dengan chat room penjual. berikut ini caranya:

– Buka akun WhatsApp Business Anda
– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools”
– Pilih “Catalog” Klik “Add new item” untuk menambahkan produk
– Tambahkan gambar dengan klik “Add images”
– Unggah foto dari galeri perangkat
– Tambahkan informasi produk seperti nama produk, harga, dan deskripsi singkat
– Anda juga bisa menambahkan link dan kode produk tertentu (opsional)

Fitur Pesan Cepat
Manfaatkan fitur pesan cepat Anda dapat mengaktifkan fitur pesan cepat berbasis bot yang tersedia di WhatsApp Bisnis, tujuannya adalah agar pelanggan dapat lebih cepat mengetahui informasi yang dibutuhkan.

Selain itu fitur pesan cepat dapat membantu Anda menghemat waktu untuk membalas berbagai pesan yang sama dari pelanggan. Untuk mengaktifkannya, Anda dapat membuat pintasan (shortcut) yang ditandai dengan garis miring dan kata yang bisa dipilih pelanggan untuk mengetahui informasi mengenai produk Anda. Misal saja Anda membuat shortcut dengan kode “/ukuran”. Shortcut tersebut dapat diklik lewat chat room pelanggan.

Nantinya shortcut akan menampilkan daftar ukuran produk yang tersedia berdasarkan rincian yang telah Anda atur dan buat di fitur “Quick Replies”. Pelanggan pun jadi lebih cepat menerima informasi yang dibutuhkan. Anda juga tidak perlu mengetik ulang setiap kali pelanggan menanyakan informasi yang sama.

Untuk mengaktifkan fitur ini mudah sekali, berikut ini caranya:
– Masuk ke WhatsApp Business
– Klik ikon titik tiga di pojok kanan atas
– Pilih “Business Tools”
– Pilih “Quick replies”
– Buat daftar shortcut pesan cepat yang diinginkan

Menghubungkan WA Bisnis dengan Media Sosial
Selain itu pengguna juga dapat menghubungkan WhatsApp Business ke media sosial lain secara otomatis seperti menghubungkan ke akun Facebook atau Instagram Anda. Mudahkan.(*)