Cara menggunakan Masker yang benar

203

Dua sisi masker disebut punya fungsi berbeda, lalu seperti apa cara pakai masker yang benar menurut dokter?

Mungkin masih banyak diantara kita kurang mengetahui penggunaan masker yang tepat, semisal menggunakan masker secara terbalik, bagian dalam dipakai normal kalau mau melindungi diri dari serangan luar. Tapi pada saat sakit, mereka membalik sisi dalam ke sisi luar, dengan presepsi untuk melindungi orang lain.

Berikut cara pakai masker yang benar:

1. Sebelum memasang masker sebaiknya tangan dalam keadaan bersih agar terhindar dari bakteri atau virus.

2. Cari sisi luar masker. Jika masker Anda memiliki dua warna berbeda semisal hijau dan putih, sisi luar masker adalah yang berwarna hijau. Maka sisi putihlah yang menempel langsung dengan kulit, sementara lapisan hijau menghadap ke luar.

3. Tentukan sisi atas masker, biasanya ditandai dengan adanya garis kawat hidung.

4. Untuk masker dengan menggunakan tali: posisikan kawat hidung di atas hidung dengan jari, lalu ikat kedua sisi tali di bagian atas pada kepala bagian atas. Setelah masker sudah bisa menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher.

5. Untuk masker karet, Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang telinga. Setelah masker menempel aman di wajah, cubit bagian kawatnya untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat. Dan panjangkan lekukan-lekukan masker ke bawa untuk menutupi semua bagian yang perlu ditutup yaitu hidung, mulut serta dagu. Semoga bermanfaat.