Cara Mengetahui Pengguna Jaringan Wi-Fi tanpa Izin

Cara mengetahui Penggunaan Wifi tanpa Izin

Menggunakan koneksi Wi-Fi biasanya terbilang lebih cepat dari koneksi data seluler yang biasa Anda digunakan. Namun, bagaimana jika koneksi Wi-fi Anda mungkin lebih lambat dari biasanya. Sebagian besar karena kesalahan jaringan, tetapi bisa jadi seseorang menggunakannya tanpa izin Anda.

Lalu bagaimana mencari tahu pencuri Wi-Fi Anda dan cara memblokirnya. Berikut ulasannya, dilansir dari laman Android Pit.

Cara untuk memeriksa apakah seseorang mencuri Wi-Fi Anda tanpa menggunakan banyak teknologi sama sekali. Router nirkabel Anda memiliki tanda lampu berkedip untuk menunjukkan bahwa ada aktivitas. Cobalah untuk memutuskan koneksi setiap perangkat yang biasanya terhubung dengan Wi-Fi, seperti smartphone, laptop, TV pintar dan konsol game dan apa pun dengan koneksi Wi-Fi. Jika lampu masih berkedip, ada kemungkinan seseorang terhubung ke router Anda dan mencuri Wi-Fi Anda. Namun, jika melepaskan semua perangkat Anda sepertinya terlalu merepotkan, ada cara lain.

Anda dapat mengetahui siapa yang menggunakan Wi-Fi Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang ingin Anda pantau. Selanjutnya, unduh aplikasi pemantauan jaringan Fing dari Play Store atau App Store.

Setelah mengunduh aplikasi, buka aplikasi itu, dan Anda akan melihat nama jaringan Anda di layar beranda, bersama dengan tombol Refresh dan Pengaturan. Untuk melihat semua perangkat yang terhubung ke jaringan Wi-Fi Anda, ketuk Refresh.

Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit, tetapi setelah itu Anda akan melihat daftar perangkat, bersama dengan indikator yang memberi tahu Anda apakah itu smartphone, PC, atau perangkat lain.

Ketuk perangkat apa pun di jaringan Anda untuk memunculkan daftar opsi untuk berinteraksi dengan perangkat itu. Ini termasuk mengirim ping atau sinyal Wake on LAN, dan Anda bahkan dapat login ketika perangkat tersebut terhubung dan terputus dari jaringan.