Cara Maksimalkan Pencarian Foto di Google Photos

140

Google identik dengan mencari berbagai hal secara online. Tidak bisa dipungkiri, Google dapat membantu orang dalam mencari berbagai informasi. Di Google, Anda bisa mencari berbagai informasi termasuk foto. Oya, selain browser Google, Anda juga bisa mencari foto melalui aplikasi Google Photos.

Belum banyak orang tahu tentang fitur-fitur Google Photos. Padahal Google Photos punya fitur pencarian yang serbaguna ini. Berikut tips yang akan memudahkan Anda mencari gambar sesuai kebutuhan di Google Photos.

Mencari Foto Berdasarkan Nama
Mencari foto berdasarkan nama adalah hal yang mudah. Anda cukup menambahkan wajah orang lain di Google Photos. Setelah itu, aplikasi akan mengenali wajah orang yang ada di dalam foto.

Untuk menghubungkan wajah dengan Google Photos, simak tutorial di bawah ini. Sebagai contoh, misal Anda ingin menambah teman ke daftar orang di Google Photos.

– Klik foto yang ada wajah teman Anda di dalamnya.
– Pastikan Anda ada dalam mode edit.
– Di bawah gambar, perhatikan kategori ‘PEOPLE.’
– Klik tautan ‘face(s) available to add.’
– Setelah itu Anda akan di bawa ke halaman baru.
– Ketuk wajah orang yang Anda tambah ke library.
– Selanjutnya, tap tanda ‘+’ untuk membuat orang baru.

Nah, sekarang Anda sudah bisa mencari foto berdasarkan nama orang. Tapi fungsi ini masih bersifat terbatas di Google Photos versi web.

Mencari Foto Berdasarkan Lokasi
Fungsi ini berlaku jika saat mengambil gambar, lokasi ponsel aktif. Bisa juga jika Anda telah menambah lokasi ke gambar secara manual.

Google Photos memungkinkan Anda mencari gambar berdasarkan alamat, kota, atau lokasi umum. Tapi Anda harus mengetik alamat sama persis dengan di foto. Jika tidak, Google tidak akan menampilkan foto.

Mencari Foto Berdasarkan Tanggal
Mencari foto berdasarkan tanggal adalah hal yang paling mudah. Cara ini sering digunakan orang jika mereka tidak terbiasa dengan opsi lain.

Saat mencari berdasarkan tanggal, Anda bisa mengetikkan waktu tertentu. Misal ’6 Maret 2019,’ atau ‘Maret 2019.’ Setelah itu Google akan menampilkan foto sesuai waktu yang diinginkan.

Mencari Foto Berdasarkan Jenis File
Ini adalah salah satu kelebihan yang ditawarkan oleh Google Photos. Di sini Anda bisa mencari foto berdasarkan jenis file. Misal Anda punya banyak gambar yang disimpan di akun. Tapi Anda secara khusus ingin mencari gambar JPEG untuk kebutuhan tertentu. Nah, Anda cukup ketik ‘JPEG’ ke kolom pencarian. Setelah itu, Google otomatis akan menampilkan semua foto berjenis JPEG milik Anda.

Mencari Foto Berdasarkan Peristiwa
Satu lagi kemampuan yang unik dari Google Photos. Yakni bisa mencari foto sesuai dengan peristiwa. Di sini Anda bisa mencari foto saat piknik, ulang tahun, pernikahan, dan lainnya. Mungkin hasil yang diberikan Google tidak terlalu akurat. Misal foto apa pun yang ada kue di dalamnya akan muncul sebagai foto ulang tahun. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba opsi ini.

Semoga bermanfaat.