Cara Ampuh mengatasi Hidung Tersumbat saat akan Tidur

Penyakit sulit tidur biasanya dipengaruhi oleh pikiran yang menumpuk, stress atau terkena penyakit flu. Flu menyebabkan aktivitas terutama saat Anda akan tidur.

Karena sulit tidur, aktivitas lainnya pun jadi terganggu. Maka itu Anda butuh melakukan cara sederhana yang dapat mengatasinya. Dilansir dari Metro, berikut cara ampuh yang dapat mengatasi hidung tersumbat. Tidur jadi nyenyak dan aktivitas semakin menyenangkan.

Mandi air hangat
Mandi air hangat adalah salah satu cara yang bagus untuk meredakan hidung yang tersumbat, uap panas akan mengencerkan lendir di hidung dan mengurangi peradangan.

“Meskipun tidak menghilangkan hidung tersumbat Anda sepenuhnya, itu membuat Anda tidur lebih nyaman,” ujar Natalie Armstrong, seorang ahli tidur di Sealy UK.

Namun berhati-hatilah dengan suhu air tersebut, jangan terlalu panas. Kalau tidak, bisa-bisa mebakar kulit Anda.

Pakai bantal lebih tinggi
Ketika Anda berbaring ingin tidur, hidung malah semakin tersumbat, -jadi ketinggian adalah kunci untuk membantu Anda bernapas lebih mudah.

“Tidur dengan kepala sedikit ditopang dengan bantal lebih tinggi, membuat hidung tersumbat di malam hari,” ujar Natalie.

Jika menggunakan satu atau dua bantal lain, akan mendorong lendir mengalir dari hidung. Serta menghilangkan tekanan ekstra dari kepala Anda, membantu Anda tertidur dan tetap tidur lebih lama.

Sebelum tidur, kompres air hangat
Tempelkan kompres hangat ke dahi Anda dapat meredakan hidung tersumbat. Cara ini dapat mengurangi peradangan dan hidung tersumbat, dengan meningkatkan aliran darah.

Tetapi jangan khawatir jika Anda tidak memiliki kompres hangat di rumah. Natalie mengatakan, Anda dapat dengan mudah meletakkan handuk lipat atau kain flanel, yang telah direndam dalam air panas, lalu tempelkan ke dahi Anda untuk efek yang sama.