Cara Alami menjaga Pola Makan agar lebih Gigi kuat

88
Cara Alami menjaga Pola Makan agar lebih Gigi kuat

Menjaga kebersihan mulut merupakan hal untuk menghindari berbagai macam penyakit termasuk sakit gigi dan sariawan. Menyikat gigi merupakan hal penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Namun, ada beberapa aspek lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah pola makan.

Pola makan yang baik dapat memberikan asupan zat gizi yang dibutuhkan oleh perkembangan tulang dan gigi. Dengan begitu, tulang dan gigi bisa menjadi lebih kuat dan sehat. Beberapa contoh asupan zat gizi yang dibutuhkan dalam menunjang kesehatan tulang dan gigi adalah vitamin C, vitamin D, dan kalsium. Vitamin D dan kalsium berperan penting dalam pembentukan struktur tulang dan gigi, dan juga memperkuat gigi.

Ketika mengalami defisiensi kalsium atau vitamin D karena pola makan yang kurang tepat, gigi akan ikut terdampak. Gigi kemungkinan akan menjadi rapuh dan lemah. Sedangkan vitamin C memainkan peran dalam menjaga kesehatan gusi. Gusi dan gigi merupakan dua hal yang tak bisa dipisahkan. Gusi yang kuat dapat menjaga gigi tetap berada pada tempatnya dengan kuat. Vitamin C juga dapat memabntu mengurangi bengkak pada gusi.

Ada beberapa makanan dan minuman yang kaya akan zat-zat gizi untuk menunjang kesehatan dan kekuatan gigi. Berikut ini adalah lima di antaranya, seperti dilansir di Times Now News:

Air putih
Air putih dapat membantu menjaga kebersihan mulut serta memperbaiki fungsi saliva. Air putih juga penting bagi kesehatan secara umum.

Teh hijau
Antioksidan yang tinggi dalam teh hijau tak hanya dapat membantu menurunkan berat badan. Antioksidan ini juga dapat menghambat pertumbuhan bakteri di dalam mulut, sehingga dapat menurunkan risiko penyakit gusi dan gigi.

Buah dan sayur 
Ada beragam jenis buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan baik untuk kesehatan gigi dan gusi. Beberapa di antaranya adalah jeruk, kiwi, dan lemon. Sayuran yang tinggi akan kandungan vitamin C juga baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi. Kembang kol, kubis, dan kale merupakan beberapa contohnya.

Produk olahan susu
Produk dairy seperti susu, yogurt, dan keju diketahui kaya akan kalsium dan vitamin D. Tak heran bila produk olahan susu menjadi salah satu kelompok makanan yang penting khususnya di masa pertumbuhan.

Telur
Tak hanya tinggi akan kandungan protein, telur juga kaya akan vitamin D dan kalsium. Menambahkan telur ke dalam pola makan dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan gigi.