Black Garlic, Hasil Fermentasi Bawang Putih yang punya Banyak Manfaat

225

Black Garlic merupakan Bawang putih yang telah mengalami fermentasi dalam jangka waktu tertentu pada suhu tinggi dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bawang putih diketahui mengandung S-allycysteine (SAC) di dalamnya, sebagai suatu senyawa yang sedang dibicarakan oleh para ahli sebagai salah satu komponen alami yang terbukti membantu mencegah kanker dan dipergunakan sebagai terapi herbal untuk beberapa penyakit.

Dan proses fermentasi bawang putih menjadi black garlicini meningkatkan zat-zat bermanfaat dalam bawang putih beberapa kali lipat.

Black garlic dalam beberapa penelitian memiliki kandungan antioksidan yang lebih tinggi dari pada bawang putih biasa.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Cina dan Jepang dan sudah diterbitkan dalam jurnal yang ditulis oleh Wang, et al, 2010 bawang yang memiliki tekstur yang lunak dan agak kenyal menyerupai soft jelly ini adalah herbal yang berpotensi baik sebagai anti tumor.

Dari hewan uji dalam bentuk tikus sengaja dibuat mengalami penyakit tumor, dan setengahnya berhasil sembuh dari penyakitnya dengan diberikan asupan ekstrak dari black garlic. Selain itu, penelitian yang lain menunjukkan jika black garlic juga sangat baik dalam mencegah penuaan dini.

Menurut penelitian proses fermentasi yang terjadi dari bawang putih terbukti meningkatkan kadar polifenol dan flavonoid di dalamnya. Kadar polifenol meningkat hingga 23%, sedangkan kadar flavonoidnya meningkat hingga 37%. Polifenol dan flavonoid ini bekerja sebagai antioksidan yang bisa mencegah timbulnya kanker, serta penuaan dini.

Adanya sumber antioksidan akan menangkap dan mengikat radikal bebas yang menyebabkan kerusakan di dalam sel-sel tubuh, sehingga resiko penyakit kanker dan penuaan dini pun bisa diturunkan.

Di dalam penelitian yang sama pun terbukti jika ekstrak black garlic terbukti membantu melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB yang menyebabkan kerusakan di lapisan kulit bagian luar atau kulit ari.

Black garlic sangat baik dalam membersihkan darah, dan bekerja juga sebagai anti toksin alami, mengurangi gatal-gatal, alergi, anti radikal bebas atau anti oksidan, anti virus, membasmi kuman jamur, bakteri, anti aging.

Dan juga untuk meregenerasi sel dan membentuk HB darah, trombosit, sehingga membuat pembentukan jaringan yang mengalami kerusakan karena operasi, infeksi, dan peradangan bisa lebih cepat membaik.