Benarkah Mencuci Piring dapat Redakan Stres ?

124

Sejumlah kebijakan dan imbauan pun dikeluarkan seperti social distancing, physical distancing, Di Rumah Aja, Work From Home (WFH), karantina mandiri, PSBB sampai lockdown untuk menghadapi pandemi Covid-19 ini. Sebagian besar masyarakat dunia melakukan kegiatan di dalam rumah meski masih ada sejumlah orang yang memang harus bekerja dan bertugas di luar rumah.

Untuk menekan angka persebaran COVID-19, kita memang sebisa mungkin untuk memaksa diri bertahan di dalam rumah. Bagi Anda yang merasa stres di rumah, tips yang satu ini mungkin terdengar agak aneh tapi patut dicoba, yaitu mencuci piring. Kenapa?

Mencuci piring merupakan salah satu pekerjaan rumah yang mampu mengatasi stres dan sangat bermanfaat untuk keseimbangan kesehatan mental.

Dilansir dari laman littlethings, penelitian dari Florida State University menyatakan kalau mencuci piring dengan kesadaran penuh mampu membantu menurunkan tingkat stress. Maksudnya, jika seseorang mencuci piring dengan penuh konsentrasi dan perhatian maka stres bisa berkurang.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 51 responden yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama diminta untuk membaca tulisan deskriptif mengenai cuci piring sebelum mencuci.

Sementara kelompok kedua membaca tulisan untuk menghayati kegiatan cuci piring.Hasilnya, orang yang mencuci piring dengan perhatian dan konsentrasi yang penuh mampu meningkatkan perasaan mereka sampai 25 persen dan menurunkan rasa tegang hingga 27 persen.

Apa yang sebenarnya membuat mencuci piring bisa mengurangi stress? Hal ini karena saat mencuci piring dengan kesadaran penuh, hampir sama dengan melakukan relaksasi.

Aroma sabun cuci juga disebut membuat efek yang menenangkan dan suhu air bisa memberikan stimulus untuk berpikir positif. Penelitian lain juga mengatakan, mencuci piring termasuk salah satu cara untuk memperbaiki mood dan menghilangkan pikiran negatif. Jadi, sudahkan Anda mencuci piring hari ini?