Android 11 dengan Fitur Terbaru

145

Sistem operasi Android kini telah hadir Android 11, bahkan sejumlah perubahan dan fitur baru yang bakal memperkuat ekosistem Android pun diungkap oleh Google. Sejumlah fitur diungkap dalam Developer Build yang tersedia beberapa bulan lebih cepat dibandingkan biasanya. Build yang sama juga dijalankan di Pixel 4, bulan lalu. Selain itu, Google Pixel 2XL juga kebagian software yang sama.

Untuk Android 11 sendiri ada peningkatkan keamanan dan privasi data pengguna. Selain itu, tinjauan pengembang Android 11 juga mendukung teknologi baru seperti 5G dan layar lipat. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai 9 fitur terbaru di Android 11, sebagaimana dikutip dari Gizmochina:

1. Chat Bubble
Setelah ditunggu-tunggu beberapa tahun, Android kini mendukung tampilan chat yang mirip Facebook Messenger.

Tampilan ini memungkinkan pengguna berinteraksi dengan sejumlah obrolan secara intuitif dan meningkatkan keseluruhan aksesibilitas.

2. Privasi dan Perizinan
Izin satu waktu untuk penggunaan lokasi, mikrofon, dan kamera akan meningkatkan privasi pengguna.

Perizinan satu waktu ini akan memungkinkan sistem untuk mengambil kembali kontrol dari aplikasi, setelah dihentikan. Selain itu, aplikasi akan diminta untuk meminta akses lokasi melalui izin Google.

Nantinya, hanya aplikasi yang disetujui Google yang akan mendapatkan benefit dari background data lokasi.

3. Tab Obrolan yang Baru
Android 11 juga akan menyediakan tab obrolan di panel notifikasi. Pengguna pun bisa melihat pesan terbaru di bawah panel notifikasi.

Google juga menambahkan cara baru dalam merespon pesan di panel notifikasi. Di mana, pengguna juga bisa mengirimkan gambar secara langsung dari notifikasi.

4. Dukungan Teknologi Baru
Era 5G membuat Google menambahkan dukungan natif terhadap 5G di Android 11, smartphone layar lipat, dan machine learning.

Dukungan terhadap teknologi baru ini bakal membantu manufaktur produk untuk merilis smartphone generasi baru tanapa bergantung pada pihak ketiga.

Google juga menghadirkan dukungan low latency untuk video, screening panggilan suara yang lebih baik, dan API neural network Google.

5. Tingkatkan Sharing UI
Android 11 akan mengizinkan pengguna menyematkan jejaring sosial favorit mereka ke bagian atas menu berbagi. Fitur yang sama sudah hadir di Android 9 dan versi sebelumnya.

Sayangnya di Android 10, fitur ini dihilangkan. Kini, Google mengembalikannya lagi di Android 11.

6. Penjadwalan Dark Mode
Pada Android 10, Google mendengarkan permintaan pengguna untuk membawa dark mode ke seluruh layanan. Nah, di Android 11, Google menghadirkan fitur penjadwalan dark mode.

Nantinya, pengguna bisa menjadwalkan penerapan dark mode di perangkat secara otomatis, berdasarkan waktu.

7. Airplane Mode Tak Pengaruhi Bluetooth
Saat ini, pengguna tak bisa mengakses Bluetooth saat mereka mengaktifkan Airplane Mode atau Mode Pesawat.

Namun, di Android 11, pengguna bisa terus memakai Bluetooth agar bisa terhubung dengan wearable atau headset saat berada dalam Mode Pesawat.

8. Tingkatkan Sensitivitas Sentuhan
Google menambahkan opsi baru untuk meningkatkan Sensitivitas Sentuhan melalui panel Pengaturan.

Kini, pengguna bisa meningkatkan sensitivitas sentuhan sebelum memakai sarung tangan, atau saat memakai pelindung layar.

Fitur ini dianggap sangat berguna dan membantu pengguna.

9. Mute Notifikasi saat Gunakan Kamera
API baru di Android 11 membantu pengguna untuk mensenyapkan (mute) tiap notifikasi saat memakai kamera. Fitur baru ini akan membantu pengguna ketika sedang video call.

Berdasarkan laporan sebelumnya, Android 11 kemungkinan akan menghadirkan Wireless ADB yang sangat aman dan mendukung perekaman video dengan kapasitas lebih dari 4GB.