Anak mulai Bosan Belajar di Rumah, lakukan Cara ini !

257

Terhitung sudah empat bulan lamanya anak-anak belajar online di rumah. Mungkin tak sedikit orangtua yang mengeluh anak tidak disiplin saat mengikuti kelas online. Dikarenakan anak-anak mulai merasa bosan, banyak yang memilih belajar sambil tiduran, lebih suka main gadget ketimbang baca buku, atau melakukan aktivitas lainnya pada jam-jam yang seharusnya mereka sekolah. Hal ini bisa dikatakan bahwa anak tidak disiplin.

Kasus seperti menjadi hal biasa bagi orang tua, karena disinilah peran orangtua dibutuhkan untuk mencegah agar anak tidak disiplin. Dalam hal ini, anak-anak perlu diberitahu antara hak dan kewajiban. Pertama-tama, Anda bisa jelaskan kepada anak bahwa mereka diberikan kebebasan bermain dan dipenuhi kebutuhannya oleh orangtua yang disebut sebagai hak. Namun, disamping itu anak juga memiliki kewajiban, seperti salah satunya belajar.

Mungkin tak banyak anak yang mengerti dan paham antara hak dan kewajiban, Anda sebagai orangtua bisa membuat jadwal bersama anak sesuai kesepakatan bersama. Orangtua tidak dianjurkan mengambil keputusan sendiri agar anak tidak merasa terintimidasi.

Setelah jadwal dibuat, orangtua bisa menerapkan dengan tegas dan konsistensi dengan jadwal tersebut. Orangtua juga bisa mengajak anak untuk bersepakat membuat konsekuensi jika ada pelanggaran yang dilakukan oleh anak.

Intinya tetap konsisten dan sedikit tegas dengan jadwal yang dibuat dan sanksi pelanggaran yang disepakati bersama.(*)