Tips Mengkonsumsi Daging saat Idul Adha agar terhindar dari Kolesterol Tinggi

Olahan daging adalah menu utama yang sering disajikan ketika hari raya riba. Seperti saat Iduladha. Namun sebagian orang masih khawatir menyantap menu itu lantaran bisa menyebabkan kolesterol dan tekanan darah naik.

Padahal sebenarnya kita tetap bisa menikmati makanan daging-daging tersebut, dengan cara yang sehat, lho! Berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan, guys.

1. Pilih bagian daging tanpa lemak
Saat akan memilih daging, sebaiknya pilih bagian tanpa lemak. Bagian daging seperti itu akan lebih sehat dikonsumsi.

Untuk daging sapi, jumlah lemak paling sedikit terletak pada bagian dalam seperti sirloin atau tenderloin. Sedangkan, daging kambing yang paling sedikit mengandung lemak terletak pada bagian punggung dan kaki.

2. Minum teh hijau hangat
Sebaiknya minum teh hijau setelah mengonsumsi daging. Teh hijau bermanfaat untuk membunuh kolesterol jahat dan berfungsi sebagai antioksidan. Nikmati dalam keadaan hangat tanpa gula atau tambahkan irisan lemon supaya lebih segar.

3. Lengkapi dengan sayuran atau buah
Jika Anda mengonsumsi daging kambing, sebaiknya lengkapi dengan satu porsi sayuran. Anda juga bisa mengonsumsi sayuran segar atau mentah, seperti timun, wortel, atau selada. Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan supaya pencernaanmu lancar.

4. Makan dengan nasi merah
Jika biasanya kita menikmati daging dengan nasi putih, sebaiknya ganti dengan nasi merah. Nasi sehat ini mengandung kadar gula yang rendah dan kaya serat. Sehingga, dapat membuat perut lebih kenyang dan gak bikin kalap.

5. Batasi porsinya
Saat makanan di rumah dipenuhi olahan daging, sebaiknya Anda membatasi diri untuk mengonsumsinya. Hindari olahan daging untuk tiga kali makan dalam sehari. Lebih baik makan daging sebanyak satu hingga dua potong saja per hari. Konsumsi menu sehat lainnya supaya mendapatkan gizi yang seimbang. Selain itu, kurangi kuah yang kental dengan genangan minyak. Cara mengatasinya, ambil lauk dengan piring kecil yang datar supaya Anda hanya bisa menampung sedikit kuah. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi asupan lemak, minyak, dan santan.

Dengan menerapkan cara dan tips makan daging di atas, Anda bisa terhindar dari kolesterol tinggi saat Iduladha. Yang penting harus diingat, tahu diri saat makan. Semoga bermanfaat.