Komisi I DPR RI setujui Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI

Suasana foto bersama usai Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Calon Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dengan agenda Penyampaian Visi dan Misi Calon Panglima TNI, yang digelar di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Senayan, Jakarta

BERANDANEWS – Jakarta, Kepala Staf TNI Angkatan Darat atau KSAD Jenderal Agus Subiyanto mendapat persetujuan dari Komisi I DPR RI soal pencalonannya sebagai Panglima TNI menggantikan Laksamana Yudo Margono. Setelah menggelar fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan, Senin, (13/11).

Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid mengatakan bahwa keputusan tersebut sudah bulat, yang artinya tidak ada anggota Komisi I yang menyampaikan sikap berbeda dan tidak adanya catatan dari anggota Komisi I atas pencalonan Agus.

“Komisi I DPR RI memberikan persetujuan terhadap pengangkatan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI, Tidak ada catatan yang mengiringi, hanya harapan, Bapak Agus Subiyanto profesional, menjaga netralitas TNI, dan memperhatikan kesejahteraan prajurit,” kata Meutya.

Meutya berharap Agus Subiyanto dapat menjaga kemitraan antara TNI dan Komisi I DPR RI tetap berjalan.

Meutya mengungkapkan tetap adanya harapan terhadap Jenderal TNI Agus Subianto agar tetap menjaga profesionalitas dan netralitas TNI. Tak hanya itu, Panglima TNI yang baru diharapkan juga semakin memperhatikan kesejahteraan prajurit (termasuk uang lauk-pauk) dengan tujuan membawa TNI menjadi semakin kuat serta dalam mengawal kemitraan dengan Komisi I DPR RI untuk selalu baik.

“Jadi kita tidak berikan catatan di sini tapi untuk dipahami oleh Calon Panglima TNI sesuai dengan prioritas yang tadi disampaikan oleh yang terhormat Jenderal TNI Agus Subiyanto. Demikian kesimpulan rapat, Pak Calon Panglima. Berikutnya, Komisi I akan bersurat kepada Pimpinan DPR RI untuk kemudian Bapak dapat disahkan di paripurna dan kemudian menunggu jadwal pelantikan dengan Presiden. Insyaallah lancar terima kasih dan semoga semoga sukses dari kami semua,” pungkasnya.

Usai persetujuan tersebut, Komisi I DPR RI kemudian akan bersurat ke pimpinan DPR RI, kemudian pimpinan DPR RI akan mengesahkan pencalonan Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dalam Sidang Paripurna DPR RI.

Jika telah disetujui oleh DPR RI dalam Sidang Paripurna, Agus Subiyanto pun tinggal menunggu pelantikan sebagai Panglima TNI oleh Presiden RI Joko Widodo.

Jenderal Agus Subiyanto langsungmenyampaikan terima kasih kepada Anggota Komisi I DPR RI dan menyampaikan kesiapannya bermitra dengan Komisi I DPR RI

“TNI siap terus bermitra dengan Komisi I. Terima kasih,” kata Agus Subiyanto.

Diketahui Agus hanya menjabat sebagai KSAD sekitar satu bulan saja yang sebelumnya menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat dengan pangkat bintang tiga pada 2022. Ia kemudian menggantikan posisi Dudung sebagai KSAD.(*)