7 Makanan untuk mencegah munculnya Jerawat

99
Cara mencegah Munculnya Jerawat

Ada banyak faktor seperti stres, kelelahan, atau perubahan cuaca yang bisa menyebabkan kulit berjerawat. Banyak yang berpikir jerawat disebabkan karena pembersihan makeup yang tidak sempurna.

Tapi, ada beberapa makanan yang terbukti ampuh mencegah jerawat muncul. Melansir Healthline, menambahkan salah satu dari beberapa makanan ini pada menu makanan Anda, bisa membantu membersihkan kulit luar dan dalam, sama halnya dengan produk pembersih kulit.

Ikan
Kebanyakan orang Indonesia lebih memilih mengonsumsi daging dan ayam dibandingkan ikan sebagai asupan proteinnya. Padahal, nutrisi dalam ikan sangat tinggi sehingga menawarkan manfaat kesehatan yang tidak boleh diragukan lagi, termasuk untuk kesehatan kulit.

Salah satu penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin mengonsumsi ikan berminyak seperti salmon, tuna, sarden, dan makarel diketahui memiliki kulit yang lebih terlindungi dari jerawat. Hal ini karena ikan adalah sumber utama asam lemak seperti omega-3 dan omega-6 yang secara alami mampu membantu meredakan peradangan yang memicu penyumbatan sel pori dan menyebabkan jerawat.

Kacang-kacangan
Kebanyakan orang yang memiliki jerawat biasanya terkait dengan kekurangan mineral seperti seng dan selenium. Nah, Anda bisa mendapatkan asupan mineral tersebut dari kacang-kacangan. Pasalnya, kacang-kacangan mengandung selenium, vitamin E, tembaga, magnesium, mangan, kalium, kalsium, serta zat besi yang semuanya baik untuk kesehatan kulit Anda.

Bawang putih
Selain ampuh sebagai bumbu masak, bawang putih ternyata juga ampuh untuk menangkal beberapa jenis penyakit. Selama ini bawang putih terkenal manfaatnya yang baik untuk kesehatan jantung. Ternyata, manfaat bawang putih tidak hanya sampai di situ saja. Pasalnya bawang putih juga diketahui bagus untuk kulit. Ini karena bawang putih termasuk golongan ‘super food‘ yang membantu melawan peradangan.

Bawang putih mengandung zat kimia alami yang disebut allicin. Senyawa aktif allicin yang terdapat pada bawang putih memiliki fungsi antivirus, antimikroba, dan antijamur yang ampuh mencegah jerawat.

Nasi merah
Nasi merah kaya akan sumber vitamin B, magnesium, protein, dan beberapa antioksidan yang memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh. Terutama kandungan vitamin B dalam beras merah yang penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Makanan dengan vitamin B mampu mengurangi stres kulit dengan membantu mengatur kadar hormon dalam tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya jerawat.

Brokoli
Brokoli adalah makanan pembersih kulit alami yang sempurna. Pasalnya, brokoli dilengkapi dengan vitamin A, B, C, E, dan K yang baik untuk kesehatan tubuh. Berbagai antioksidan yang terkandung dalam brokoli akan membantu melawan kerusakan kulit serta membuat kulit Anda jadi lebih bercahaya.

Buah anggur merah
Buah dan biji anggur merah kaya akan kandungan bahan kimia dan antioksidan yang telah terbukti bisa membantu mengobati kondisi peradangan kulit seperti psoriasis dan eksim. Tidak hanya itu, buah anggur merah pun juga dikenal dapat membantu mengatasi efek samping dari reaksi alergi pada kulit.

Alpukat
Alpukat termasuk jenis buah yang banyak digemari karena nutrisinya yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah lezat yang satu ini diketahui kaya akan vitamin E yang bisa meningkatkan kelembapan dan kekenyalan kulit sehingga menjaganya tetap awet muda.

Tidak hanya itu, alpukat juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mengurangi peradangan kulit dan merupakan pelembap alami untuk kulit.