5 Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit

80

Kandungan lidah buaya selain mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, juga terdapat vitamin A, B, C, dan E. Di dalam lidah buaya juga mengandung asam amino esensial. Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang dimilikinya inilah yang membuat lidah buaya menjadi tanaman herbal yang baik untuk tubuh.Lidah buaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini dikenal bisa menyehatkan kulit serta khasiat yang banyak untuk tubuh.

Tanaman ini masuk ke dalam famili kaktus, namun boleh dikonsumsi karena banyak mengandung manfaat. Berikut ini lima manfaat dari tanaman lidah buaya untuk perawatan kulit :

Melindungi kulit dari sengatan matahari
Lidah buaya membantu mengatasi sengatan matahari melalui tingkat epitel kulit, yakni lapisan sel yang menutupi tubuh. Tanaman ini bertindak sebagai lapisan pelindung pada kulit, serta membuatnya menjadi lembap. Karena kaya antioksidannya, kulit yang luka jadi lebih cepat sembuh.

Obat jerawat
Gel lidah buaya mengandung dua hormon, yakni auxin dan giberelin. Kedua hormon ini memberikan penyembuhan luka dan sifat anti-inflamasi untuk mengurangi peradangan kulit. Giberellin di lidah buaya bertindak sebagai hormon pertumbuhan yang merangsang pertumbuhan sel-sel baru. Apalagi untuk kulit wajah yang berjerawat, Anda bisa mengatasinya dengan gel lidah buaya yang baik untuk wajah agar tetap mulus.

Melawan penuaan
Seiring bertambahnya usia, semua orang mulai khawatir tentang munculnya garis-garis halus dan hilangnya elastisitas di kulit mereka. Daun lidah buaya mengandung sejumlah besar antioksidan termasuk, beta karoten, vitamin C dan E. Manfaatnya ini dapat membantu memperbaiki kekencangan kulit secara alami, serta menjaga agar kulit terhidrasi.

Meredakan Bisul
Tanaman ini juga diklaim dapat meningkatkan pencernaan dan meredakan bisul. Beberapa orang menganggapnya sebagai pencahar. Lidah buaya juga dapat mengatasi radang sendi dan rematik. Anda bisa mengonsumsi tanaman lidah buaya yang diolah menjadi es atau makan langsung daging lidah buaya tanpa ada getah.

Mengobati penyakit periodontal
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Ethnopharmacology menyebutkan, lidah buaya sangat membantu dalam perawatan penyakit gusi seperti gingivitis dan periodontitis. Tanaman ini juga dapat mengurangi perdarahan, peradangan dan pembengkakan pada gusi. Itu karena lidah buaya mengandung anti-jamur dan anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan penyakit pada gusi.