5 Makanan Penyebab Asam Lambung

58

Penyakit Asam lambung terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Ini biasa terjadi tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang mengganggu, seperti mulas.

Selain itu, Asam lambung juga disebabkan karena sfingter esofagus atau cincin otot kerongkongan bagian bawah (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut naik ke kerongkongan.

Konsumsi makanan yang salah atau berlebih dapat menimbulkan penyakit asam lambung yang parah dan kronis. Agar terhindar dari penyakit tersebut, Anda bisa mulai dengan mengurangi makanan penyebab asam lambung.

Berikut lima makanan penyebab asam lambung, sebagaimana dilansir Healthline.

Makanan pedas
Makanan pedas dan yang memiliki rasa kuat seperti bawang putih, bawang bombai, dan tentunya cabai, memicu gejala sakit maag atau asam lambung pada banyak orang.

Makanan Berlemak
Makanan yang digoreng dan berlemak dapat menyebabkan cincin otot kerongkongan melemah, memungkinkan lebih banyak asam lambung untuk kembali ke kerongkongan. Makanan ini juga menunda pengosongan perut.

Mengonsumsi makanan berlemak tinggi membuat Anda berisiko lebih besar mengalami gejala asam lambung. Sehingga, mengurangi total asupan lemak harian dapat membantu terhindar dari risiko.

Makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi di antara seperti gorengan, produk susu, potongan atau olahan daging, es krim, keripik, dan makanan berminyak lainnya.

Cokelat
Cokelat mengandung bahan yang disebut methylxanthine. Kandungan tersebut terbukti mengendurkan otot LES dan meningkatkan asam lambung.

Kopi
Kandungan kafein dalam kopi dikenal sebagai pemicu asam lambung. Orang dengan asam lambung biasanya akan menyadari gejala bergejolak setelah minum kopi.

Tomat dan jeruk
Buah dan sayur penting dalam pola makan yang sehat. Tetapi, buah-buahan tertentu dapat menyebabkan atau memperburuk gejala GERD, terutama buah-buahan yang sangat asam.

Jika sering mengalami asam lambung, Anda harus mengurangi atau menghilangkan asupan buah-buahan seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, nanas, serta tomat.

Terlepas dari daftar makanan penyebab asam lambung tersebut, Anda juga dapat mempertimbangkan untuk tidak mengonsumsi makanan yang berbasis tepung seperti roti.(*)