5 Makanan agar Rambut Tumbuh lebih Cepat

115

Rambut merupakan mahkota bagi wanita, dalam perawatannya perlu mendapat perhatian yang serius. Termasuk pola makan yang dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Banyak orang menginginkan rambut yang kuat dan sehat, terutama seiring bertambahnya usia. Ternyata, rambut Anda tumbuh sekitar 1,25 cm per bulan, dan 15 cm per tahun.

Pertumbuhan rambut dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti usia, kesehatan, genetika, dan makanan. Meskipun Anda tidak dapat mengubah faktor seperti usia dan genetika, diet adalah satu hal yang dapat Anda kendalikan. Mengonsumsi makanan yang seimbang dengan nutrisi yang tepat dapat membantu meningkatkan pertumbuhan rambut, terutama jika Anda mengalami kerontokan rambut akibat nutrisi yang buruk.

Berikut ini 5 makanan yang bisa Anda konsumsi agar rambut tumbuh lebih cepat.

Ikan berlemak
Ikan berlemak seperti salmon, herring, dan mackerel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut. Ikan berlemak juga merupakan sumber protein, selenium, vitamin D3 dan vitamin B, nutrisi yang dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kekuatan rambut.

Daging
Daging adalah makanan pokok banyak orang dan kaya nutrisi yang dapat membantu pertumbuhan rambut. Protein dalam daging membantu pertumbuhan dan membantu memperbaiki serta memperkuat folikel rambut. Daging merah, khususnya, kaya akan jenis zat besi yang mudah diserap. Mineral ini membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke semua sel di tubuh, termasuk folikel rambut.

Telur
Telur adalah sumber protein dan biotin yang bagus, dua nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Makan protein yang cukup penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein. Biotin sangat penting untuk produksi protein rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk pertumbuhan rambut.

Bayam
Bayam adalah sayuran hijau sehat yang sarat dengan nutrisi bermanfaat seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A membantu kelenjar kulit menghasilkan sebum. Bayam juga merupakan sumber zat besi nabati yang bagus, yang penting untuk pertumbuhan rambut.

Alpukat
Alpukat lezat, bergizi, dan merupakan sumber lemak sehat yang baik. Mereka juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Seperti vitamin C, vitamin E adalah antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas. Alpukat juga sumber asam lemak esensial. Lemak ini tidak dapat diproduksi oleh tubuh, tetapi merupakan bahan pembangun penting dari sel Anda. Kekurangan asam lemak esensial telah dikaitkan dengan kerontokan rambut. Demikian dilansir dari Healthline.(*)