5 Bahan Alami yang dapat meningkatkan Imunitas Tubuh

82

Berbagai macam cara dapat dilakukan untuk menjaga daya tahan tubuh di musim hujan dan pandemi covid-19 saat ini, salah satunya mengonsumsi minuman herbal atau jamu. Selain berolahraga, Anda dapat mengkonsumsi olahan sederhana yang sudah tersedia di rumah, mulai jahe, kunyit, ginseng, temulawak, sereh, hingga kayu manis yang telah terbukti manfaatnya untuk kesehatan.

Bahan-bahan herbal diyakini dapat memperkuat daya tahan tubuh. Berikut di antaranya.

Jahe
Jahe dapat diolah menjadi minuman herbal seperti Sarabba atau Wedang jahe. Jahe mengandung beragam molekul antioksidan untuk tangkal penyakit. Rebusan jahe ini memiliki sifat antiradang, merangsang sistem imun, serta terbukti mengatasi mual dan meredakan nyeri akibat menstruasi. Jahe juga bisa mencegah tukak lambung dan meredakan sembelit.

Kunyit
Kunyit meningkatkan pencernaan dengan mempengaruhi kantong empedu untuk menghasilkan empedu dan enzim pencernaan lainnya yang diperlukan untuk pencernaan yang baik. Kurkumin, senyawa obat yang ditemukan dalam kunyit, diketahui dapat melawan gejala alzheimer. Minum air kunyit dapat memberikan keajaiban bagi jantung. Kunyit adalah pembersih darah alami karena membantu mengeluarkan racun dari darah sehingga kulit sehat. Segelas air kunyit hangat dapat meredakan persendian dengan mengurangi peradangan. Air kunyit diketahui dapat mencegah penumpukan lemak dalam tubuh, yang dapat berperan penting dalam proses penurunan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sereh
Sereh kaya akan efek antioksidan, antimikroba, hingga anti-peradangan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa wedang sereh berpotensi untuk menurunkan risiko kanker. Konsumsi rutin wedang sereh layak dicoba untuk mereka yang sedang diet, karena memiliki efek diuretik dan berpotensi untuk turunkan berat badan.

Temulawak
Air rebusan temulawak membantu menetralkan racun, menghilangkan nyeri, antibakteri, mencegah pelemakan dalam sel hati, antioksidan, menurunkan kolesterol, hingga meningkatkan produksi air susu ibu (ASI) pada ibu menyusui.

Kayu manis
Kayu manis bisa memberikan manfaat baik untuk jantung. Kayu manis terbukti menurunkan tekanan darah, pengendalian trigliserida, kenaikan HDL atau kolesterol baik, serta kontrol terhadap LDL atau kolesterol jahat. Manfaat lainnya dari minuman ini antioksidan, terutama senyawa golongan polifenol untuk mengendalikan radikal bebas penyebab penyakit.