10 Tips Cara menggemukkan Badan Sehat dan Alami

Sebuah studi menyebutkan bahwa kekurangan berat badan bisa mengganggu fungsi kekebalan tubuh, meningkatkan risiko infeksi, memicu osteoporosis dan patah tulang, serta menyebabkan masalah kesuburan.

Untuk mengatasi kekurangan berat badan yang perlu dilakukan tentu menambah berat badan. Berikut adalah 10 tips dan cara menggemukkan badan secara sehat dan alami yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Konsumsi banyak Kalori
Menambah berat badan secara perlahan, tambahkan 300-500 kalori dari kebutuhan sehari-hari kalian. Jika ingin hasil yang lebih cepat, tambahkan 700-1.000 kalori.

2. Perbanyak Konsumsi Protein
Nutrisi yang krusial untuk menambah berat badan adalah protein. Tapi, protein bisa menjadi pisau bermata dua karena makanan dengan protein tinggi bisa membuat kalian lebih cepat kenyang.

Makanan dengan kandungan protein tinggi antara lain ikan, telur, daging, kacang-kacangan, produk turunan susu dan masih banyak lagi.

3. Konsumsi Karbohidrat dan Lemak
Selain protein, nutrisi lain yang penting untuk menggemukkan badan adalah karbohidrat dan lemak. Sebisa mungkin, seimbangkan asupan protein, karbohidrat dan lemak setiap makan.

Beberapa makanan yang mengandung karbohidrat tinggi adalah nasi, kentang, jagung, gandum, dan masih banyak lagi. Sedangkan makanan yang tinggi lemak antara lain salmon, alpukat, dark chocolate, keju dan masih banyak lagi.

4. Makan Tiga Kali Sehari
Pastikan kalian makan setidaknya tiga kali sehari. Selain itu, sebisa mungkin selingi dengan cemilan yang kaya akan nutrisi.

5. Konsumsi Makanan Padat Nutrisi
Makanan padat nutrisi adalah makanan yang mengandung banyak kalori relatif terhadap beratnya. Makanan-makanan ini bisa menjadi makanan utama kalian, atau sebagai cemilan selingan.

Beberapa makanan yang padat nutrisi antara lain almond, kismis, yogurt full-fat, minyak zaitun, nasi merah, daging, kentang, dan masih banyak lagi.

6. Tambahkan Saus dan Bumbu
Makanan yang enak akan membantu kalian untuk memakannya dalam porsi yang lebih besar. Sehingga sangat disarankan untuk menambahkan saus atau kondimen dan bumbu penyedap.

7. Minum Susu
Meminum susu, terutama susu whole milk, untuk menghilangkan dahaga merupakan cara yang mudah untuk menambah asupan kalori dan protein sekaligus cara yang ampuh untuk menggemukkan badan.

8. Angkat Beban
Untuk memastikan semua kalori yang dikonsumsi tidak hanya lari ke lemak tubuh tapi juga ke otot, latihan mengangkat beban menjadi sesuatu yang krusial. Coba latihan angkat beban 2-4 kali seminggu dengan beban yang terus ditambah.

9. Jangan Minum Sebelum Makan
Minum air terlalu banyak sebelum makan bisa membuat perut kalian merasa lebih kenyang duluan. Ini akan menghambat kalian untuk mengonsumsi lebih banyak kalori dan juga menghambat proses penggemukkan badan.

10. Makan Sayur
Jika ingin menggemukkan badan, konsumsi makanan dengan protein dan kalori tinggi terlebih dahulu. Setelah itu, baru konsumsi sayur sebagai bagian terakhir.