Tips Internet Aman bagi Anak

68

Internet dapa diakses oleh siapa saja termasuk anak-anak, lalu bagaimana mengontrol penggunaan akses internet bagi anaak-anak?. Tidak dipungkuri lagi saat ini anak anak sudah mengenal dengan internet dari mulai browsing hingga menonton YouTube. Meskipun demikian, anak-anak perlu mengetahui hal-hal yang tak boleh dilakukan di internet untuk menghindari paparan konten negatif dan kejahatan siber.

Oleh karena itu orang tua disini juga harus turut andil memberikan internet yang aman untuk anak-anak dan keluarga. Raksasa teknologi Google pun memberikan beberapa tips aman Internet yang dapat diterapkan keluarga, berikut tipsnya.

1. Jelajahi Intenet dengan Family Link

Para orang tua mampu memahami dengan lebih baik perilaku anak saat menjelajahi Internet. Tak hanya itu mereka dapat menetapkan batas-batas yang sesuai kebutuhan. Seperti, mengawasi waktu penggunaan perangkat dan membatasi akses harian. Kemudian, memuaskan rasa ingin tahu anak dengan beragam aplikasi yang direkomendasikan para guru.

Lalu, mengunci perangkat anak dari jarak jauh,. melihat aktivitas mereka, melihat lokasi keberadaan mereka, dan mengelola akun dan aplikasi yang mereka gunakan.

2. Blokir Situs Dewasa dengan Filter SafeSearch

Setelan SafeSearch dirancang untuk memblokir gambar, video, dan situs dewasa dari hasil penelusuran Google Search untuk menghindari konten pornografi dan kekerasan. Tetapi, SafeSearch bukanlah alat yang sempurna, dan pengguna mungkin masih menemukan hasil penelusuran eksplisit.

Jika demikian, Anda dapat melaporkannya. Laporan dan masukan Anda dapat membantu kami menyempurnakan SafeSearch agar lebih baik bagi semua orang.

3. Hiburan dengan Asisten Google

Asisten Google memiliki beragam aktivitas untuk menghibur keluarga, mulai dari memberikan saran permainan untuk dimainkan bersama keluarga, hingga permainan seperti tebak gambar. Saat ini ada lebih dari 50 permainan, aktivitas, dan cerita dalam program Assistant for Families.

Setiap aktivitas ini telah ditinjau dan disetujui oleh tim Trust and Safety, supaya Anda yakin bahwa permainan ini cocok untuk keluarga. Tak hanya itu, dengan menggunakan Family Link, Anda bisa memblokir akses anak-anak agar tidak bisa melakukan transaksi keuangan, dan orang tua dapat menentukan apakah anak-anak diperbolehkan mengakses aplikasi pihak ketiga di Asisten atau tidak.

4. Filter Aplikasi di Google Play

Untuk membantu para orang tua menentukan konten yang cocok bagi anak, baca ulasan dan cari ikon bintang keluarga di aplikasi atau game. Ikon bintang ini menandakan bahwa konten telah ditinjau dengan saksama, dan aplikasi atau game tersebut dikembangkan dengan mengutamakan anak-anak. Ikon bintang ini juga menampilkan rentang usia yang disarankan untuk konten tersebut.

Periksalah rating konten untuk memahami tingkat kedewasaan suatu aplikasi dan mengatur filter berdasarkan rating tersebut guna menentukan aplikasi yang tepat bagi anak Anda. Jika Anda ingin mengetahui apakah suatu aplikasi berisi iklan, memiliki fitur pembelian dalam aplikasi, atau memerlukan izin perangkat, Anda dapat memeriksa bagian informasi tambahan di halaman aplikasi tersebut di Play Store.

5. YouTube Kids
Google membuat YouTube Kids yang memang khusus diperuntukkan anak-anak. Google juga memudahkan Anda untuk menyeleksi pengalaman menonton konten yang menyenangkan dan cocok untuk keluarga melalui serangkaian kontrol orang tua, seperti

video dan kanal pilihan untuk anak – anak tersedia di aplikasi dan pasang timer untuk membatasi waktu anak-anak menonton video.