Fakta tentang Orang Kidal

97
Ilustrasi

Orang dengan dominan tangan kiri atau kidal memang kadang dicap buruk karena gak sejalan dengan ajaran agama atau kultur tertentu. Meski begitu, mungkin gak jarang Anda temukan orang-orang terdekatmu yang kidal.

Riset terbaru telah mengidentifikasi beberapa varian genetik pada si kidal, dan ternyata menunjukkan otak mereka lebih super saat mengerjakan tugas verbal.

Para peneliti menyatakan seorang kidal adalah hasil kombinasi dari genetik, biologis dan lingkungan. Sebuah hasil studi yang diterbitkan di jurnal Brain, 2019, memberi sedikit pencerahan pada permasalahan ini.

Penelitian pertama yang diadakan oleh ilmuwan dari University of Oxford, Inggris ini, mengidentifikasi varian genetik yang membedakan si kidal dan mereka yang dominan pakai tangan kanan.

Studi ini mengidentifkasi bahwa ada hubungan genetik antara si kidal dengan struktur otak, khususnya pada bagian yang mengolah kemampuan berbahasa.

Tim peneliti ini menggunakan UK Biobank sebuah database yang mencatat perilaku dan kode genetik dari 400 ribu sukarelawan dari berbagai kota di Inggris. Sekitar 38.300 orang di antaranya adalah si kidal.

Salah satu peneliti di University of Oxford, Dr Akira Wiberg, memberikan analisanya, “Bahwa sekitar 90 persen dari responden adalah mereka yang selalu menggunakan tangan kanan, dan kasus ini telah berlangsung paling tidak selama 10 ribu tahun. Para peneliti telah mempelajari dasar biologis dari si tangan kanan, dan menggunakan data besar dari UK Biobank telah membantu kita untuk menemukan penyebab terjadinya si kidal.”

“Area kemampuan berbahasa yang ada di otak kiri dan kanan saling berkomunikasi lebih baik. Hal ini membuat si kidal bisa jadi punya kemampuan lebih baik dalam melakukan tugas-tugas verbal. Namun, patut diingat keistimewaan ini mungkin hanya terjadi pada beberapa orang kidal.”

Jadi kesimpulannya, seseorang bertangan kidal itu bisa dipastikan karena memang telah ada keistimewaan genetik. Nah, bisa diartikan kidal berarti kiri dari lahir.