Pantai Selat Makassar terancam Limbah Plastik

21
Pantai selat Makassar terancam limbah plastik

BERANDANEWS -Makassar, Salah satu pulau terdekat dari kota makassar, terlihat terkepung tumpukan sampah plastik, pada Minggu (13/6).

Sejumlah warga yang berwisata di pulau gusung makassar, sangat resah akan sampah plastik yang menghiasi lokasi wisata di pantai ini.

Para pengunjung yang berwisata di pantaipun terlihat menyepelekan sampah plastik itu, padahal ancaman limbah plastik tersebut lebih akan bertambah jika kehidupan laut terkontaminasi dengan limbah tersebut.

Namun disisi lain pulau nampak terlihat sejumlah orang yang berwisata, sibuk mengumpulkan sampah plastik, usai berendam dipantai itu.

Menurutnya Noer Muhammad wisatawan Makassar ini, sampah yang mengitari kita saat berendam sangatlah tidak sehat. Kami datang untuk melepas penat dari Makassar dan refresing dipantai, tapi sampah terlihat dimana-mana.

“Mana sehat kalau sampah plastik kita temani berendam. Cobami liat dimana-mana sampah plastik tergenang, apa lagi dipinggir pantainya. Mau tidak mau kita harus peduli memungut sampah itu supaya sama-sama enak,” Tutur Noer.

Pantai Selat Makassar terancam limbah plastik

Menurut pegiat lingkungan Ahmad Yusran yang telah melakukan survei dan penelitian mengatakan, setiap pantai mestinya memiliki penjaga. Bukan hanya menyelamatkan para pengunjung atau wisatawan, namun juga sampah yang berserahkan dilaut maupun dibibir pantai.

“Mestinya pemerintah mempekerjakan orang disetiap pantai yang memiliki potensi wisata. Pulau gusung itu tinggi potensi wisatanya, tiap hari orang datang berkunjung disana. Minimal penjaga pantailah untuk menjaga kelestarian laut, dan juga menjaga keselamatan para wisatawan,” Ungkap Yusran.(RM)