Cegah Abrasi, Pemkab bangun Tanggul disepanjang Pesisir Pantai Desa Sampulungan

179

Berandasulsel.com – Takalar,  Untuk mengatasi abrasi dipesisir pantai Desa Sampulungan, Kecamatan Galesong, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Takalar, membangun tanggul penahan ombak sepanjang 430 meter yang akan menelan anggaran kurang lebih Rp.10 miliar.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Takalar Muchsin mengatakan, pembangunan tanggul dikerjakan oleh Balai Besar Pompengan Jeneberang dan akan selesai paling lambat akhir November 2020.

“Sedang dikerjakan oleh pihak Balai, dan sesuai kontrak akan selesai November. Ini bantuan dari pemerintah pusat agar abrasi bisa diminimalisir,” ujarnya, Minggu (5/7).

Sementara itu, Bupati Takalar Syamsari Kitta berharap dengan tanggul penahan ombak ini, kondisi dipesisir tidak separah tahun-tahun sebelumnya yang mengalami abrasi ketika musim hujan tiba.

“Pembangunan tanggul akan dikerjakan bertahap dan tentu ini tidak lepas dari dukungan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,” jelas Syamsari.

Adapun titik abrasi yang cukup parah setiap musim hujan, yakni di sepanjang pesisir pantai Desa Sampulungan dan Desa Aeng Batu-Batu yang mengakibatkan beberapa rumah rusak saat abrasi terjadi diawal tahun ini.(*)