Alat Musik Tradisional Sulawesi Selatan yang Populer hingga saat ini

Berbicara tentang kesenian daerah memang wajib untuk kita jaga kelestariannya, karena kaya akan nilai-nilai sejarah masa lalu sebagai warisan budaya.

Sama seperti daerah lainnya di Indoesia, Sulawesi selatan juga menyimpan banyak alat musik tradisional yang sungguh sangat disayangkan jika kita tidak melestarikannya.

Alat musik tradisional, umumnya ada yang dengan cara dipukul, dengan cara ditiup sampai dengan cara digesek serta alat musik hanya digoyang saja sudah menghasilkan bunyi yang sampai ditelinga. Nah untuk mengenal lebih jauh alat musik tradisional Sulawesi selatan mari kita simak beberapa diantaranya:

1. Ganrang Bulo
Gendang Bulo

Alat musik tradisional Sulawesi Selatan yang ini sama seperti Gendang pada umumnya yang tidak memiliki membran. Dimana alat musik klasik ini akan mengeluarkan suara bila ditepuk atau dipukul bagian kulitnya menggunakan telapak tangan. Bagi masyarakat Bugis, alat musik ini disebut dengan nama Idiokardo, sedangkan pada masyarakat Makassar menyebutnya Gendang Bulo.

Alat musik gendang ini biasanya dipentaskan saat acara-acara seremonial, seperti pernikahan, penyambutan, tari-tarian dan kegiatan seni tradisional lainnya.

2. Keso-kesoKeso-keso

Alat musik Keso-keso memiliki persamaan dengan alat musik Rebab dan biola, akan tetapi jika alat musik Rebab biasanya memiliki 3-4 senar, sedangkan Keso hanya memiliki 2 senar saja. Untuk memainkan alat musik keso ini, Anda cukup menggesek senarnya, maka akan keluarlah bunyi yang sampai ditelinga. Bagi mereka yang sudah bisa memainkan alat musik Rebab, maka tidak akan mengalami kesusahan dalam memainkan alat musik Keso-keso.

3. KecapingKacaping

Kecaping adalah alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara dipetik. Sama halnya dengan keso-keso, kecaping juga memiliki 2 senar yang dikaitkan pada kayu berbentuk seperti perahu. Konon, alat musik Kacaping ini pertama kali ditemukan oleh seorang pelaut Bugis. Pada acara-acara adat seperti upacara pernikahan, penjemputan tamu, atau saat bersenda gurau dengan keluarga alat musik ini dimainkannya.

4. Puik-puikPuik-puik
Alat musik Puik-Puik, fungsinya seperti terompet, bentuk dan cara memainkan alat musik ini sama persis dengan terompet yang ada didaerah lain.

5. JalappaJalappa
Jalappa (Jalapa) adalah alat musik tradisional yang berbentuk seperti Simbal yang terbuat dari logam kuningan. Tidak berlaku umum, alat musik ini dimainkan pada saat upacara adat tertentu. Nama alat musik tradisional Sulawesi Selatan mempunyai nama lain, yaitu dibeberapa daerah lebih dikenal dengan sebutan Kancing-Kancing karena bentuknya yang menyerupai Kancing berukuran besar.

Masyarakat setempat sering memainkan alat musik Jalappa pada saat upacara adat tolak bala . Sebagian dari mereka menggunakannya menjadi bagian dari peralatan dukun di beberapa daerah. Sebelum permainannya, pada umumnya jika pada tarian daerah Sulawesi Tenggara dimulai, alat musik ini terlebih dulu dibacakan mantra-mantra dengan diiringi alat musik lainnya.