PMTI dan Pengprov Pertina Sulsel akan gelar Kejuaraan Tinju Pong Tiku Cup 2024

Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Harpen Ali memberikan arahan terkait Kejuaraan Pong Tiku Cup 2024 di Marina Beach Hotel Makassar

BERANDANEWS – Makassar, Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI) bersama Pengurus Provinsi Pertina Sulsel akan menggelar Kejuaraan Tinju bertajuk Pong Tiku Cup 2024 yang akan berlangsung pada 1 hingga 7 Juli 2024 di Rantepao Toraja Utara.

Kejuaraan Semi Open Tournament ini melibatkan atlet tinju amatir baik pemula yang tergabung dalam Pengurus Kota Kabupaten di Pertina se Sulawesi Selatan, dan beberapa atlet dari Pengprov Pertina diluar Sulawesi Selatan

Rencananya Kejuaraan ini akan dibuka oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan RI.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pengprov Pertina Sulsel, Harpen Ali saat Rapat bersama Panitia Pong Tiku Cup dan sejumlah Pengurus Pertina Sulsel, di Hotel Marina Beach Makassar, Jumat (21/6).

“Kejuaraan ini diinsiasi oleh PMTI berkolaborasi dengan Pertina Sulsel, merupakan salah satu ajang untuk melahirkan atlet berprestasi di Sulsel dan di Kabupaten Kota tentunya”, terang Harpen.

Harpen juga menekankan dalam kejuaraan tersebut sebagai momen untuk meningkatkan kualitas SDM, atlet, pelatih dan wasit hakim.

“Tentunya kami berharap melalui kejuaraan ini, Bidang Perwasitan Pengprov Pertina Sulsel dapat mengakomodir wasit hakim didaerah untuk dimaksimalkan perannya, termasuk atlet dan pelatih juga, guna pengembangan SDM di daerah”, terang Harpen.

Sementara Ketua Komisi Wasit dan Hakim Pengprov Pertina Sulsel, Ricardo Latuheru mengatakan total sebanyak 20 wasit dan hakim yang akan bertugas Kejuaraan Tinju Pong Tiku Cup. Masing masing 16 wasit hakim yang berasal dari Pengprov Pertina Sulsel dan Pengkot/pengda Kabupaten Kota di Sulsel, dan ada 3 dari Provinsi lain yakni Sulawesi barat, sulawesi utara, dan maluku utara dan plus satu dari PMTI.

Rapat Panitia Kejuaraan Tinju Pong Tiku Cup 2024 di Marina Beach Hotel Makassar

Rico sapaan akrab Ricardo Latuheru juga menekankan kepada wasit dan hakim bertugas untuk senantiasa fokus dan konsentrasi dalam bertugas di Kejuaraan ini.

“Yang terpenting itu, wasit hakim yang bertugas nantinya kita harapkan bisa fokus dan konsentrasi dan mampu menjaga sikap secara profesional, tentu kita akan evaluasi itu”, terang Rico.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Pengprov Pertina Sulsel, M. Tawing.

“Semua akan dievaluasi, mulai dari perangkat pertandingan yang bertugas dikejuaraan ini, hingga pengurus yang tidak aktif akan kita pertimbangkan untuk direshuffle”, tegas Tawing.

Terkait atlet tinju didaerah, M. Tawing mengatakan menjamurnya boxing camp didaerah tentu Pengurus Pertina Sulsel akan beri apresiasi, sehingga dapat melahirkan atlet masa depan mewakili daerah dan provinsi bahkan tingkat nasional.

” Hadirnya camp-camp didaerah ini tentu kita apresiasi, guna melahirkan atlet pemula, atlet masa depan mewakili daerah dan provinsi hingga tingkat nasional, tetapi mereka harus tunduk dengan regulasi yang ada di Pertina, tentu kita akan tampung semua masukan untuk perkembangan olahraga tinju di Sulawesi selatan khususnya”, terang M. Tawing.(*)