4 Hal yang Harus di Hindari ketika menggunakan Cat Rambut

Gangguan kesehatan kulit yang diakibatkan oleh kontak dengan cat rambut disebut dengan dermatitis kontak. Pada kondisi ini, kulit yang terkena paparan cat rambut menjadi merah, kering, dan gatal karena iritasi. Selain itu, produk pewarna rambut sering mengandung bahan kimia paraphenylenediamnine (PPD) yang bisa memicu alergi.

Cat rambut yang bagus sekalipun tidak akan memberikan hasil yang optimal jika cara penggunaannya salah. Agar hasil pengecatan rambut memuaskan dan tidak menimbulkan iritasi atau gangguan lainnya pada kulit, maka hindari hal-hal berikut ini:

Jangan berpatokan pada warna yang ditampilkan di kemasan
Warna yang dihasilkan setelah pengecatan rambut mungkin akan berbeda dengan contoh warna yang ada dalam kemasan maupun iklan. Ingatlah bahwa kondisi rambut setiap orang berbeda-beda dan unik.

Selain itu, cara pemakaian yang berbeda kemungkinan memberi hasil yang berbeda. Jika ragu memilih warna cat rambut, Anda bisa memilih warna netral atau warna hangat. Jika Anda menginginkan warna terang, pilih warna satu tingkat lebih terang dari warna yang Anda inginkan.

Jangan mengaplikasikan cat rambut secara sekaligus
Jangan mengaplikasikan pewarna rambut dari akar hingga ke ujung rambut sekaligus, karena warna rambut akan menjadi sangat pekat. Selain itu, jangan sampai kulit kepala terkena cat rambut agar tidak meningkatkan risiko alergi.

Jangan sampai belepotan
Agar cat rambut tidak berceceran ke kulit, gunakan petrolleum jelly di sekitar garis rambut yang hendak diwarnai. Jika tetap mengenai kulit, gunakan pembersih make-up berbahan dasar minyak untuk menghapusnya. Selain itu, gunakan sikat atau sisir khusus untuk mengecat rambut.

Jangan langsung keramas
Waktu yang direkomendasikan untuk mencuci rambut yang telah diwarnai adalah dua hari. Alasannya, agar tingkat pH dari bahan pewarna rambut bisa kembali seimbang dan minyak alami dalam rambut bisa kembali terbentuk. Jika rambut langsung dicuci setelah diwarnai, dikhawatirkan warnanya akan pudar. Selain itu, hindari membilas rambut dengan air hangat karena akan membuka kutikula rambut sehingga menjadi jalan mudah masuknya bahan kimia tersebut ke dalam kulit kepala.

Dengan menerapkan cara penggunaan cat rambut yang benar, waktu yang dihabiskan selama berjam-jam untuk mewarnai rambut tidak akan sia-sia. Namun Anda perlu tetap waspada, jika muncul tanda-tanda alergi dan iritasi setelah mengecat rambut, segera pergi ke dokter atau unit gawat darurat terdekat, demikian dilansir dari laman Alaodokter.