Wakil Bupati Gowa Optimis Tingkatkan Kepesertaan JKN-KIS

Berandasulsel.com, Gowa – Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malagani, mengungkapkan optimismenya pada Program JKN-KIS yang dikelola BPJS Kesehatan agar dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh masyarakat di Indonesia termasuk di wilayah Kabupaten Gowa.

Menurutnya, pemerintah daerah Kabupaten Gowa akan terus memberikan dukungan terhadap program JKN-KIS melalui peningkatan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan, peningkatan kompetensi sumber daya manusia di bidang kesehatan, penataan sistem pelayanan dan berbagai upaya terobosan dalam rangka meningkatkan kepesertaan program JKN-KIS agar Kabupaten Gowa dapat segera meraih UHC (Universal Health Coverage).

“Kami pun menghimbau kepada warga agar segera menjadi peserta JKN-KIS. Pemda Gowa juga saat ini sedang gencarnya melakukan sosialisasi hingga ke desa/kelurahan dan pelibatan dukungan perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Gowa untuk dapat memperluas kepesertaan JKN-KIS”, ungkap Abdul Rauf.

Sementara itu, terkait dengan pembayaran iuran kepesertaan PBI APBD, Pemda Gowa akan tetap berusaha menjalankan sesuai dengan komitmen. Selain itu dihimbau kepada masyarakat yang terdaftar sebagai peserta mandiri agar rutin membayar iurannya dengan tepat waktu dengan mengoptimalkan sistem autodebet.

“Dengan menjadi peserta JKN-KIS dan melakukan pembayaran iuran secara tepat waktu apalagi saat ini BPJS Kesehatan bersama dengan pihak perbankan telah menerapkan sistem autodebet”, tegas Wakil Bupati yang disapa Karaeng Kio.

Diketahui Kabupaten Gowa saat ini mempunyai penduduk sekitar 755.234 jiwa. Dimana sampai dengan September 2019 jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 569.428 jiwa atau sebesar 75.40% dari total jumlah penduduk Kabupaten Gowa. (red)