Tips Memilih Batik untuk Pria Millenial

Menggunakan baju Batik saat peringatan hari batik nasional merupakan kebanggaan tersendiri bagaimana menghargai busana batik sebagai identitas indonesia yang telah diakui dunia , bila Anda kini adalah seorang pria modern yang sangat mencintai dengan budaya Indonesia, maka pastikan bahwa Anda harus memiliki minim 1 busana batik dalam lemari pakaian yang Anda gunakan tersebut.

Jika dulu para kaum muda tidak mau menggunakan baju batik karena baju batik membuat semua orang terlihat tua, dan kolot, juga tidak bergaya, namun sekarang ini semuanya berbeda. Karena, sekarang ini banyak orang menjadi bangga menggunakan busana batik yang special ini. Bahkan, hampir semua daerah selalu memiliki corak dan motif yang khas untuk busana batik mereka. Maka dari itulah, sekarang ini terdapat banyak sekali motif dan juga banyak sekali warna batik yang lebih bervariasi yang kadang kala membuat kita menjadi bingung untuk memilih busana mana yang paling bagus.

Berikut tips memilih batik yang cocok untuk pria modern saat ini :

Memilih Warna
Busana batik pria modern itu tersusun atas warna tanah dan nada juga warna dari corak atau motif batik itu sendiri. Usahakan untuk selalu memilih warna yang tepat dengan warna dominan dasar dari batik yang tepat. Karena, warna dasar ini nanti bisa dipakai untuk acuan saat Anda akan memilh batik dan ini bisa membantu Anda untuk mengkombinasikan dengan jenis pakaian yang lainnya. Warna yang terang dan gelap inipun bisa juga Anda pilih, sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda ingin menghadiri acara kasual, maka Anda bisa memilih warna batik yang cerah. Misalnya saja adalah warna ungu, kuning, dan merah. Namun di acara formal, Anda bisa memilih warna yang gelap atau warna monokrom.

Motif
Motif untuk busana batik pria modern itu sendiri sangat kaya sekali. Anda bisa menemukan berbagai macam motif yang tidak sama di antara setiap daerah. Anda bisa memilih berbagai macam motif batik yang khas dan unik, misalnya saja seperti batik toraja, batik bergambar pahlawan, motif tulisan lontara dan lain lain sebagainya.

Formal atau Casual
Selanjutnya, sebelum Anda nanti mencoba untuk membeli sebuah busana batik pria modern, maka tentukan dulu acara Anda. Apakah Anda akan menggunakan untuk acara formal, casual, atau semi informal. Anda wajib bisa membedakan antara batik formal dan penggunaan untuk batik kasual. Anda bisa melihat dari elemennya yang terdapat pada busana batik itu sendiri yang meliputi warna dasar dan motidnya. Untuk batik yang kasual itu kebanyakan menggunakan motif fauna dan juga motif flora.

Selain itu, batik kasual itu biasanya lebih terang warnanya. Tak hanya itu saja, batik kasual juga bisa terdapat pada batik kemeja dengan lengan pendek seperti polo shirt dengan model jahitan yang berwarna dan dikombinasikan dengan corak batik yang unik. Sementara bila Anda akan menggunakannya di acara yang formal, maka Anda bisa memilih batik kemeja yang variasi modelnya tidak begitu banyak, jadi harus simple dan juga minimalis. Selain itu harus pula memiliki sebuah corak dengan motif batik yang warnanya lebih elegan dan juga lebih soft.

Ukuran atau Fitting
Fitting dan ukuran untuk batik pria modern itu selalu menjadi masalah tersendiri untuk kebanyakan pria. Hal ini dikarenakan ada banyak sekali busana batik yang ternyata sudah siap untuk digunakan, namun pilihan ukurannya sangat jelek. Kadang-kadang ada yang melebihi ke samping, ada juga yang memiliki ukuran lengan yang begitu panjang dan lebar, dan masih banyak ukuran lainnya yang salah. Padahal, ukuran itu penting sekali dalam memilih sebuah busana batik. Maka dari itulah, Anda harus selalu memikirkan bahwa fit is king. Jadi, fit adalah bukan untuk menggunakan busana batik yang ketat sekali, namun pilih busana batik yang tepat dan sesuai dengan bentuk tubuh Anda. Jadi, tidak boleh terlalu besar dan juga tidak boleh terlalu kecil. Selain itu, perlu Anda ketahui juga dengan style yang akan Anda pilih saat akan menentukan sebuah busana batik. Karena, busana batik itu umumnya digunakan untuk busana batik yang pemakaiannya dikeluarkan, dant idak dimasukkan ke dalam celana Anda atau disebut juga dengan untucked.

Maka dari itulah, Anda harus benar-benar memperhatikan agar pemilihan busana batik tersebut tidak terlalu pendek dan tidak boleh terlalu panjang. Entah itu semahal apapun yang Anda gunakan, bila Anda tidak bisa memilih busana batik yang tepat dengan badan Anda, maka hal tersebut akan membuat penampilan Anda menjadi terlihat lebih murah dan jelek.