Tingkatkan Pemahaman Praktik Peralatan, Kadisdik Sulsel Buka Bimtek Peralatan Praktik Utama SMK

81

Berandasulsel.com – Makassar, Dinas Pendidikan (Disdik) Propinsi Sulawesi Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peralatan Praktik Utama/Praktik Produksi Sektor Unggulan Kemaritiman, industri, dan Ketahanan Pangan dan Fisik Penugasan SMK Tahun 2020 yang diselenggarakan di Hotel Harper Makassar, Jumat (5/12).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Muhammad Jufri, mengatakan salah satu faktor penentu keberhasilan pendidikan, khususnya di SMK adalah peralatan praktik siswa yang memenuhi syarat, yaitu peralatan praktik yang berstandar industri. Menurutnya, seorang guru SMK juga harus mengetahui secara detail pemanfaatan peralatan tersebut. Karena oritentasi SMK adalah lulusannya dapat diterima bekerja di Industri Dunia Usaha dan Dunia Kerja, jadi harus lebih ditingkatkan lagi.

“Kita harapkan lulusan SMK dapat bekerja di Industri Usaha dan Dunia Kerja dengan memahami pemanfaatan peralatan yang nantinya digunakan”, kata Muhammad Jufri.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Hj Andi Ernawati,mengatakan, kegiatan Bimtek Peralatan Praktik Utama/Praktik Produksi Sektor Unggulan Kemaritiman, Industri, dan Ketahanan Pangan DAK Fisik Penugasan SMK ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada peserta agar lebih mengerti tentang pemanfaatan peralatan praktik bagi siswa SMK.

“Tujuan dari Bimtek ini untuk memberikan pelatihan dan pemahaman kepada peserta penggunaan dan pemanfaatan peralatan bagi siswa SMK,” ungkapnya.

Bimtek ini akan dilaksanakan selama tiga hari ini diikuti 36 orang sesui protokol kesehatan, dengan rincian, 12 orang Kepala SMK, 12 orang Tim Teknis/Ketua Prodi,dan 12 orang Wakasek Sarana dan Prasarana. (*)