Terkait Rencana Belajar Tatap Muka, Dinkes Makassar akan Sosialisasi dan menggelar Test Swab

85

Berandasulsel.com – Makassar, Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar berencana akan mengadakan swab dan sosialisasi untuk mewaspadai adanya peningkatan kasus Covid terhadap anak, terkait wacana pembelajaran tatap muka yang mulai dilaksanakan januari 2021 mendatang.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Agus Djaja Said mengatakan, perhatian pemerintah tetap pada pencegahan kasus Covid-19 terutama pada anak dan ini menjadi perhatian seluruh pihak, terlebih kebijakan pembukaan pembelajaran sekolah mulai dipertimbangkan pemerintah dalam beberapa pekan terakhir.

“Kami akan sosialisasi dan tetap melakukan swab bersama tim satgas, dari hasil pertemuan beberapa waktu lalu, ini sudah harus diupayakan anak agar tidak belajar di rumah lagi,” tukasnya.

Selain itu, perhatian pada anak juga akan dilakukan sosialisasi terhadap orang-orang di sekitar anak termasuk keluarga, dimana kasus Covid-19 kerap terjadi di rumah di mana sebagian besar diakibatkan tertular dari orang tuanya yang bekerja di luar. Juga di sekolah, menurutnya, guru sebagai faktor terpenting dalam proses belajar mengajar dan paling banyak berinteraksi dengan murid juga mendapat perhatian untuk di swab.

“Di sekolah guru-gurunya juga wajib diswab, agar anak-anak terhindar dari penularan,” kata Agus.(*)