Temui Bawaslu Sulsel, Komisi I DPRD Luwu sampaikan Kesiapan jelang Pilkada

19

BERANDANEWS – Makassar, Badan Pengawas Pemilihan Umum – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu menyatakan siap mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah secara demokratis. Pernyataan tersebut disampaikan saat Komisi I melakukan audiensi sekaligus kunjungan kerja ke Bawaslu Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (13/7).

“Kami (DPRD) Komisi I Kabupaten Luwu tentunya mendukung agar pelaksanaan pemilihan kepala daerah nantinya tidak ada masalah. Utamanya terkait ajuan rancangan anggaran. Itulah mengapa komisi I melakukan kunjungan langsung ke Pemprov, KPU dan hari ini di Bawaslu Sulsel,” kata Wakil Ketua II DPRD Luwu Zulkifl.

Ia mengatakan, untuk memaksimalkan saat rapat pembahasan di Banggar, pihaknya terlebih dahulu melakukan konsultasi dan kunjungan untuk memaksimalkan rancangan yang sedang disusun oleh Komisi I DPRD Luwu.

“Kalau dilihat pengalaman tahapan sebelumnya, kemungkinan besar akan ada kenaikan tapi tentu tetap dengan memperhatikan rasionalisasi anggarannya. Kami akan mengawal ini agar jalannya tahapan pilkada di Luwu dapat berjalan sesuai harapan dan berkualitas,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Sulsel HL Arumahi yang didampingi Anggota Bawaslu Sulsel Dr Azry Yusuf dan Asradi saat menerima audiensi tersebut mengatakan, pengalaman Bawaslu jika dibandingkan dengan KPU, alokasi anggaran yang diterima itu selalu satu berbanding tiga.

“Kami di Bawaslu itu sangat terukur terkait itu (anggaran). Kami selalu berprinsip anggaran itu cukup tercukupi. Tidak pernah berlebih,” jelas

Ia mengatakan bahwa penentuan anggaran di Bawaslu itu hampir selalu berbasis pada tahapan. Penyusunan anggaran tetap berpedoman pada PKPU.

“Dari alokasi yang telah ditentukan sebelum-sebelumnya, itupun kerap dikembalikan ke kas daerah (kelebihannya). Itulah sebabnya, Bawaslu sudah 6 kali berturut-turut mendapat penghargaan WTP,” tegasnya.(*)