TAPD Gowa mulai menyusun Program Rancangan APBD tahun 2021

Berandasulsel.com – Gowa, Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Pemerintah Kabupaten Gowa mulai menyusun program rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 yang memfokuskan pada penyelesaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)

RPJMD itu merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah untuk jangka periode selama 5 (lima) tahunan khususnya bidang utama RPJMD 2016-2021 dan pemenuhan capaian SDM sesuai petunjuk teknis penganggaran APBD 2021.

Kepala Bappeda, Taufik Mursad, mengatakan Tahun 2021 merupakan tahun terakhir pelaksanaan RPJMD sehingga harus dituntaskan di tahun 2021 ini, selain itu sesuai petunjuk Permendagri Nomor 64 tahun 2020 pemerintah daerah harus mengalokasikan anggaran yang memadai untuk penanganan pandemi Covid-19 di APBD 2021. Selain itu target RPJMD Gowa 2016-2021 berfokus pada bidang pendidikan, kesehatan, keagaamaan, pertanian, dan UMKM.

“Rapat ini dan menghadirkan seluruh kasubag perencanaan mengikuti agar bisa mengetahui apa saja yang harus disusun pada rancanagan APBD 2021 sesuai arahan Permendagri dan target RPJMD kita,”kata Taufiq, Rabu (7/10).

Sementara, Plt Sekda Gowa, Kamsinah mengatakan penyusunan APBD diharapkan bisa rampung pada pertengahan November 2020, sehingga dirinya menghimbau seluruh SKPD agar bisa segera menyusun sesuai dengan apa yang diharapkan dan setelah rakor tersebut seluruh perencana bisa segera menyusun anggaran APBD 2021 dan diselesaikan sesuai dengan target yang telah ditentukan.

“Ini harus diperhatikan selain karena adanya Covid-19, tahun 2021 ini juga merupakan tahun terakhir dari pelaksanaan RPJMD jadi harus betul-betul diperhatikan sesuai dengan peraturan penyusunan anggaran,” tegas Kamsinah (ril).