Sulsel akan jadi Sentra Produksi Benih Jagung di Kawasan Timur Indonesia

Berandasulsel.com – Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah mengungkapkan akan menjadikan sulsel sebagai sentra produksi benih jagung di kawasan Timur Indonesia.

Nurdin Abdullah mengatakan langkah ini juga akan didukung dengan kerja sama Persatuan Pengusaha Penggilingan Padi dan Beras Indonesia (Perpadi) Sulsel.

“Saya ingin bagaimana provinsi ini menjadi penyanggah jagung dengan bekerja sama dengan Perpadi,” jelas Nurdin.

Selain itu, pihaknya tengah membangun infrastruktur untuk mendukung program pemerintah memproduksi sendiri benih.

“Kita akan mulai bangun tahun ini. Mudah-mudahan tahun 2021, tidak ada lagi benih-benih dari luar. Kita punya benih yang akan kita suplai ke daerah,” jelas Nurdin.

Sementara Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Sulsel, Ardin Tjatjo menjelaskan program prioritas Sulsel adalah hilirisasi pertanian yang mengarah kepada industrialisasi. Salah satunya bagaimana melakukan penggilingan beras yang baik. Namun ini bisa terwujud jika dilakukan perbaikan dihulu.

“Pemprov Sulsel akan memperbaiki hulu dengan cara memperbaiki benih kita. Sehingga benih yang dihasikkan adalah benih yang bermutu dan berkualitas homogen. Dan kita mulainya dari jagung,” ujar Ardin.

Menurutnya, benih jagung yang dihasilkan kedepan, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan Sulsel, namun juga ke wilayah Indonesia Timur.

“Kita ekspansi pasar. Kita mau Susel ini menjadi sumber benih Indonesia Timur. Negara kita negara agraria, ini yang harus kita push, karena pertanian inilah satu-satunya sekarang menjadi katup pengaman di masa pandemi ini,” tegasnya.(*)