Sudah Sebulan, Panitia Seleksi PDAM Makassar belum Jelas

Berandasulsel.com – Makassar, Hingga saat ini belum ada kejelasan soal proses mpengangkatan direksi definif dari PDAM Kota Makassar, sejak berakhirnya masa tugas direksi PDAM Kota Makassar yang lama.

Belum adanya pembentukan penjaringan direksi baru dianggap pemerintah Kota Makassar terkesan tidak serius dalam urusan ini. Mengingat, kontribusi PDAM untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan yang terbesar dari semua perusahaan daerah (Perusda) di Makassar. Pada tahun 2018 saja, PDAM berhasil meningkatkan pendapatannya hingga Rp42 miliar.

Penjabat Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb angkat bicara perihal ini, dirinya berdalih, PDAM saat ini tanpa direksi definitif pun tidak memiliki masalah. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama PDAM Kota Makassar yang dijabat oleh Hamzah Ahmad, dikatakan Iqbal, masih bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

Iqbal juga menepis anggapan bahwa proses seleksi direksi PDAM terkesan tertutup. Karena memang saat ini pansel direksi PDAM masih sementara dalam proses pembentukan.

“Saat ini Panitia seleksi (pansel) sudah berjalan. Ada mewakili provinsi, universitas, media, dan LSM, bahkan telah diserahkan ke pihak BKD ” kata Iqbal di Balai Kota Makassar, Senin (28/10).

Sementara itu, Plt Kepala BKD Kota Makassar Sittiara Kinang, mengutarakan hal yang berdeda, dirinya belum bisa memastikan jika pansel ini sudah terbentuk.

“Mungkin sudah terbentuk, tapi belum kita SK-kan. Dan belum ada penerimaan,” ucap Sittiara terbata.

Soal rencana pembentukan pansel untuk direksi PDAM, Sittiara mengatakan pihaknya belum memiliki rencana membentuk pansel.

“ Kita tunggu saja. Saya tidak mau bicara dua kali. Jadi tidak ada ancang-ancang.(*)