Seleksi CPNS 2019 di Lingkup Pemkot Makassar di Umumkan Hari ini

Berandasulsel.com – Makassar, Tahapan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar, diumumkan hari ini Jumat, (30/10). Sedikitnya 1.346 peserta yang mengikuti SKB, 526 peserta diantaranya dinyatakan diterima dan akan melanjutkan ke tahap pemberkasan untuk menjadi PNS.

Dari 526 peserta tersebut, tenaga pendidik mencapai 397 formasi, tenaga kesehatan ada 36 formasi sedangkan tenaga teknis 93 formasi.

Kepala Bidang Pengadaan dan Informasi Kepegawaian BKPSDM Kota Makassar, Kadir Masri menyampaikan peserta yang dinyatakan tidak lolos seleksi masih punya kesempatan untuk mengajukan sanggahan yang berlaku selama tiga hari mulai 1 November hingga 3 November 2020. Setelah itu baru dilanjutkan ke tahap pemberkasan. Ada sembilan dokumen yang harus diunggah peserta saat pemberkasan. Diantaranya, pas foto terbaru mengenakan pakaian formal dengan background berwarna merah, ijazah asli untuk lulusan dalam negeri ataupun ijazah penyetaraan dikti khusus untuk lulusan luar negeri.

Selain itu, Transkrip asli, surat pernyataan lima poin sesuai yang tertera dalam Peraturan BKN Nomor 14 Tahun 2018, surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang masih berlaku saat pemberkasan. Surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani dari dokter yang berstatus PNS ataupun dokter yang bekerja pada unit pelayanan kesehatan, surat keterangan tidak mengonsumsi atau menggunakan narkoba dari unit pelayanan kesehatan pemerintah. Bukti pengalaman kerja yang telah dilegalisir oleh pajabat yang berwenang (apabila memiliki masa kerja), serta daftar riwayat hidup yang sudah ditandatangani.

Setelah pemberkasan, hanya tinggal menunggu penetapan nomor induk pegawai (NIP) yang diteribitkan Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Ia pun berharap agar NIP ini bisa segera diterima paling lambat tahun ini.(*)