Rapat Pra Pergub Pedoman Umum Pelaksanaan APBD Sulsel Tahun 2020 dibuka Sekprov Sulsel

Berandasulsel.com – Makassar, Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Abdul Hayat membuka secara resmi Rapat Pra Pergub Tentang Pedoman Umum Pelaksanaan APBD Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2020 di Hotel Grand Asia, Kamis (31/10).

Dalam sambutannya, Abdul Hayat mengatakan bahwa dalam proses Pra Pergub tersebut yang perlu diperhatikan dengan seksama adalah Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2019.

“Di dalamnya memuat larangan untuk membuat program kerja yang bertentangan dengan pusat, harus senapas dengan pusat. Begitu pula dengan kabupaten-kota, sudah ada aturannya,” kata Abdul Hayat.

Abdul Hayat menambahkan bahwa yang akan dibahas dalam rapat tersebut adalah bagaimana membedah kegiatan prioritas di pedoman pelaksanaan penyusunan anggaran OPD yang dikeluarkan oleh Permendagri.

“Setelah proses itu terlaksana baru kita lebih teknis lagi ke Pra Pergub, itupun juga prosesinya sangat lama. Yang berkepentingan di sini adalah OPD, supaya apa yang direncanakan nanti bukan merupakan daftar keinginan, tetapi daftar kebutuhan,” tambahnya.

Lebih lanjut, Abdul Hayat menjelaskan bahwa ketika merencanakan suatu hal yang teknis, maka pilihannya adalah bertanya kepada yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Anda mungkin tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat, tetapi dapat memberikan akses, memperkuat infrastruktur untuk kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsi dari OPD,” lanjut Abdul Hayat.

Menutup sambutannya, Abdul Hayat menyebutkan bahwa rapat tersebut pada dasarnya masih membicarakan proses perencanaan, tetapi menjadi hal yang penting.

“Gagal merencanakan sama halnya dengan merencanakan kegagalan, pimpinanlah yang harus mengendalikan semua itu, mengecek satu per satu. Jadi mari kita perkuat semua ini,” tutupnya. (*)