Peringati Hari Armada RI, Lantamal VI Kerahkan 2 Kapal Perang

90

Berandasulsel.com – Makassar, Upacara peringatan Hari Armada Republik Indonesia yang dilaksanakan di Dermaga Layang Markas Komando Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI Makassar, dipimpin Wakil Komandan Lantamal VI Kolonel Laut (P) Suratun, Kamis (05/12).

Kapal perang TNI AL dikerahkan mengawal upacara tahunan tersebut. Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju II-6-64 dan KAL Suluh Pari II-6-6.1. Komandan Upacara Mayor Laut (P) Andi Johan yang kesehariannya menjabat Komandan Kapal Angkatan Laut (KAL) Mamuju II-6-64.

Amanat Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang dibacakan Suratun mengungkapkan Komando Armada RI hingga saat ini masih menjadi pilar TNI Angkatan Laut dalam menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. Selain itu, Suratun juga menambahkan, peringatan Hari Armada ini menjadi momentum bagi prajurit matra laut untuk menghargai nilai heroisme, dan semangat pengabdian tanpa pamrih para pendahulu dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan.

“Kita selaku generasi penerus prajurit Jalasena, harus mampu untuk meneruskan dan memegang teguh amanah pendahulu kita dalam melindungi segenap bangsa serta mengatasi berbagai potensi ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya.

Suratun menyinggung perkembangan lingkungan strategis dalam kurun waktu belakangan ini termasuk dinamika keamanan di tingkat global dan regional begitu cepat berubah, tidak menentu dan dinamis telah menjadi faktor utama terbentuknya kompleksitas ancaman keamanan.

“Berbagai ancaman berdimensi baru yang bersifat hibrida berupa kombinasi antara ancaman konvensional dengan aksi kriminal, serangan asimetrik dan serangan siber harus dapat diantisipasi dan dihadapi oleh seluruh jajaran Angkatan Laut termasuk Armada RI,” tuturnya.(*)