Peran Digitalisasi dimasa Pandemi

90

Berandasulsel.com – Makassar, Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah, mengaku, digitalisasi menjadi solusi di masa pandemi Covid-19. Pasalnya, banyak kontak langsung yang diminimalisir karena bertransaksi secara digital melalui aplikasi mobile banking dengan barcode QRIS.

“Digitalisasi ini adalah salah satu solusi di saat masa pandemi Covid-19. Kita pesan makanan, kita bisa rekap berapa belanja kita, kita apresiasi terhadap semangat mendorong ekonomi,” ungkap Nurdin Abdullah, dalam sambutannya, di Four Points By Sheraton Makassar, Selasa, (1/12).

Selain pencegahan di masa pandemi Covid-19, sistem digital ini juga mempermudah sistem pembayaran dan yang paling penting mempercepat proses tanpa harus ke bank.

“Kita apresiasi inovasi dari BI, hari ini kita bisa melihat TP2DD apa manfaat dari ini, salah satu upaya pencegahan dari masa pandemi ini, sistem pembayaran, keduanya mempercepat proses tanpa ke bank,” jelasnya.

Meskipun baru lima kabupaten kota, seperti Kota Makassar, Kota Parepare, Kabupaten Barru, Maros dan Gowa, kedepannya diharapkan bisa menyusul 21 daerah lainnya di Sulsel.

“Kita mulai dari yang kecil dulu, tidak bisa langsung besar. Kita akan jadikan lima daerah ini sebagai pionir. Dan kita berharap semua daerah bisa perlakukan digitalisasi dalam sistem pembayaran,” ungkapnya.

Yang paling penting, transaksi digital ini membantu kebocoran keuangan di pemerintahan dan ini akan dimulai dari lima daerah ini terdahulu. “Digitalisasi ini akan membantu pemerintah dalam mengantisipasi kebocoran keuangan, kita mulai dari lima daerah ini kita,” tutupnya. (*)