Pemprov Sulsel Anggarkan Rp 41,9 Miliar untuk Ruas Pekkae Takkalalla

42
Pemprov Sulsel Anggarkan Rp 41,9 Miliar untuk Ruas Pekkae Takkalalla

BERANDANEWS – Barru, Tahun 2022 ini Pemerintah Provinsi Sulsel kembali melanjutkan penanganan pada ruas jalan Provinsi yang menghubungkan Kabupaten Barru dan Kabupaten Soppeng. Proyek tersebut yakni ruas jalan Pekkae – Takkalalla atau biasa disebut ruas Buludua.

Pembangunan infrastruktur terus menjadi prioritas tahun 2022. Apalagi jalan ini termasuk jalan yang menjadi lalu lintas harian rata-rata (LHR) tinggi pada ruas Pekkae – Takkalalla.

Tahun ini, Pemprov menyiapkan angaran Rp 41,9 M untuk penanganan sepanjang 7,5 km yang meliputi Barru (Rp 26,8 M untuk 4,8 km) – Soppeng (Rp 15 M untuk 2,7 km).

“Saat ini ruas Pekkae – Takkalalla sedang lelang untuk pengerjaan tahun ini. Kami melihat LHR paling tinggi yang dilewati oleh orang banyak. Ini juga hadir atas kerjasama dengan DPRD Sulsel dan pemerintah kabupaten,” jelas Andi Sudirma saat menghadiri 62 tahun Barru, Selasa, (01/03).

Pembangunan jalan ini selain mempermudah akses masyarakat juga akan membangkitkan perekonomian di wilayah tersebut.

“Diharapkan jalan ini dapat mempermudah aksesibilitas barang dan jasa, yang muaranya akan menggeliatkan perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Untuk tahun 2021 juga, Pemprov Sulsel telah melakukan penanganan pada 2 titik jaringan irigasi di Kabupaten Barru. Pertama, Daerah Irigasi (DI) Lanrae dengan luas area jangkauan 1.120 hektar dan telah berfungsi mengairi seluas 937 hektar sawah. Kedua yakni Daerah Irigasi (DI) Matajang dengan luas areal 1.880 hektar dan telah digunakan untuk mengairi seluas 758 hektar sawah.

Sementara itu, Bupati Barru Suardi Saleh menyebut keberhasilan pembangunan di Barru tidak lepas dari dukungan Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

“Peran tersebut diwujudkan melalui program dan kegiatan pembangunan yang diinisiasi ke Kabupaten Barru. Alhamdulillah Bapak Gubernur, masyarakat kabupaten Barru sangat merasakan ada kepedulian yang besar dari Bapak Plt Gubernur Sulsel terhadap kemajuan Kabupaten Barru,” paparnya.

Diketahui, Pembangunan insfrakstruktur menjadi fokus Pemprov Sulsel, mengingat manfaatnya yang langsung bersentuhan dengan kepentingan masyarakat. (*)