Pemprov Anggarkan Rp. 40 Miliar untuk Pelebaran Jalan Kawasan Wisata Pucak Maros

113

Berandasulsel.com – Maros, Kawasan Wisata Pucak Maros terus dilakukan pembenahan untuk pengembangan wisata, termasuk pembangunan infrastruktur jalan.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Keuangan dan Aset Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Edi Junaedi, menjelaskan pengembangan kepariwisataan infrastruktur jalan sebagai urat nadi yang menghubungkan satu titik dengan yang lain.

“Yang sudah bergerak (dikerjakan) ini sudah empat hingga lima kilometer, dengan lebar 17 meter, badan jalan 10 meter, bahu jalan satu meter kiri dan satu meter kanan,” jelasnya.

Oleh karena itu, di APBD Perubahan 2020 Pemprov Sulsel telah mengalokasikan sekitar Rp 40 miliar untuk jalan dalam kawasan hingga lima kilometer.

“Ini juga terkait dengan pemulihan ekonomi, jadi alhamdullilah progres pengerjaan sekitar 40-50 persen. Inikan proses percepatan terus, memang pembangunan kawasan Pucak ini masuk di APBD Perubahan,” imbuhnya.

Kemudian untuk tahun 2021, juga disiapkan anggaran untuk jalan akses yang mencakup di luar kawasan menghubungkan satu spot dengan lainnya, dengan anggaran Rp 50 miliar.

Edi menyebutkan, Pucak secara lokasi menempati posisi yang sangat strategis aksesnya tidak jauh dari Kota Makassar. Kebijakan untuk mendorong kembali kawasan Pucak untuk dibenahi menjadi hal strategis, karena akan memberikan dampak multiplier efek, baik kepada pemerintah ataupun kepada masyarakat sekitar kawasan.

“Kawasan pariwisata ini diharapkan bukan hanya menjadi kawasan kunjungan sesaat, tetapi menjadi tempat stay beberapa hari sehingga fasilitas pendukung juga penting,” pungkasnya. (*)