Pemkot Anggarkan Rp.10,5 M untuk Bangun Aquapond

79

Berandasulsel.com – Makassar, Pemerintah Kota Makassar mencanangkan program penanganan banjir melalui pembangunan Aquapond. Termasuk pembangunan Kolam Retensi Aquapond di Lapangan Hertasning pada Februari 2020 mendatang dengan Anggaran mencapai Rp.10,5 miliar.

Pembangunan Aquapond ini diharapkan dapat mengatasi genangan yang selama ini menjadi masalah saat hujan, khususnya di sekitar Jalan Hertasning Kota Makassar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Muh Fuad Azis, berharap, proses tender proyek ini bisa selesai tahun ini. Supaya pelaksanaannya bisa langsung dimulai Februari mendatang.  Jika melihat aturan yang ada, maka proses tendernya bisa selesai Januari sehingga awal pelaksanaan dilakukan sebulan kemudian.

“Kalau proses lelang kan aturannya bisa (tahun ini), sepanjang perencanaannya sudah lengkap. Di Perpres juga jika DPA sudah disahkan maka sudah bisa dilakukan tender. Nanti penetapan pemenangnya, atau pengikatan kontrak di Januari,” ungkapnya.
Pengerjaan proyek Aquapon ini akan menggunakan dana APBD 2020. Nilainya telah disepakati senilai Rp10,5 miliar.

Aquapond ini akan dibangun dengan lebar 2,75 meter, kedalaman 2,5 meter, dan panjang diperkirakan 50 meter. Selain itu, Aquapond di Lapangan Hertasning ini dianggap bisa meminimalisir genangan yang terjadi di sekitar Jalan Hertasning. Bisa mengatasi dampak genangan yangg timbul dari Jalan AP Pettarani, Goro, Jalan Hertasning, Jalan Toddopuli, dan Jalan Tamalate I. (*)