Pelatihan reviewer Kemenristekdikti diikuti 100 Peserta

Pelatihan reviewer Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar

Makassar, Berandasulsel.com – Pelatihan reviewer Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenristekdikti) diikuti sebanyak 100 peneliti yang memiliki bakat riset penelitian dari 20 perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia di Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Pelatihan dalam bentuk diskusi dan latihan ini, menghadirkan beberapa pemateri nasional. Termasuk pihak Kemenristekdikti dan juga peneliti handal dari PTN/PTS. Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan Kemenristek Dikti, Dr. Ir Lanjar M.Si selaku Kepala Bidang program dan evaluasi Pusdiklat Kemenristekdikti, dalam paparanya materi mengatakan, kegiatan ini adalah bentuk mengimplementasikan peraturan Kemenristekdikti No 69 tahun 2016 agar menghasilakan reviewer penelitian yang jujur dan profesional dalam menilai kelayakan proposal penelitian dan keluaran penelitian.

“Pelatihan dan Penelitian bertujuan untuk meningkatkan pemahaman reviewer mengenai paradigma baru anggaran riset berbasis output, selain itu meningkatkan kompetensi antara lain Pengetahuan, keterampilan, sikap kerja,” paparnya.

Rektor UMI Makassar, Prof. Dr. Basri Modding M.Si menuturkan, “pentingnya integritas dalam penelitian, punya rasa memiliki dan kejujuran serta mengikuti kode etik berkaitan reviewer dan bertanggungjawab,” pesan guru besar FE UMI itu. “Dalam pengembangan penelitian, kami mengarah pada. Pemula, unggulan fakultas dan unggulan perguruan tinggi. UMI anggarkan 3 m lebih penelitian dari dosen 826 yang berminat penelitian,” singkatnya.

Sedikitnya 100 Peserta dari 20 PTN dan PTS se-Indonesia mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi reviewer Penelitian Perguruan TInggi. Dan mereka menerima materi dari DRPM, Kementrian Keuangan, Kementrian Hukum dan Ham, Badan Sertifikasi Nasional, Pusdiklat Kemenristedikti, Quantum HRM International dari tanggal 17-20 Sepember 2019. Dan tanggal 21 mereka akan mengikuti Sertifikasi Reviewer Penelitian Perguruan Tinggi.(red)