PDAM Kota Makassar Fungsikan Enam Pompa untuk Pasokan Air Bersih

Berandasulsel.com – Makassar, Manajemen PDAM Kota Makassar memfungsikan enam pompa untuk memasok kebutuhan air baku yang akan diolah menjadi air bersih. Plt Dirut PDAM, Hamzah Ahmad, meyebutkan setelah enam pompa ini beroperasi, diharapakan kebutuhan air bersih di beberapa kecamatan di kota Makassar dapat terpenuhi. Hal itu dijelaskan kepada Gubernur Sulsel Prof HM Nurdin Abdullah di Rumah Jabatan, Rabu 23 Oktober 2019.

“Dengan enam pompa air baku itu, PDAM Makassar mampu menaikkan pasokkan persediaan air bersih sekitar 900 liter per detik,” terang Hamzah Ahmad.

Menurut Hamzah Ahmad, penambahan enam pipa mengharuskan PDAM mengeluarkan biaya tambahan untuk mengoperasikan enam pompa air tersebut. Mengoperasikan pompa air baku di Mongcongloe, menurut Hamzah Ahmad butuh biaya Rp 700 juta dan pompa air baku di Malengkeri sebesar Rp 200 juta.

“Agak mahal memang. Tetapi ini harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih bagi warga Makassar,” katanya.

“Kalau tidak pakai pompa, IPA Panaikang tidak bisa beroperasi lagi. Pasokan air baku dari Bendungan Lekopaccing sudah tidak ada,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Hamzah Ahmad juga melaporkan tentang pelayanan air bersih di timur Makassar meliputi Tallasa City dan Summarecon New City, proyek pengembangan pipanisasi kota raya Mamminasata, dan pipanisasi Barombong. (*)