Makna Paraga di Logo HUT Sulsel ke 350

Berandasulsel.com – Makassar, Memperingati hari jadi Sulsel yang ke-350 tahun tepat 19 Oktober 2019 hari ini, ada yang unik dari biasanya, yakni logo HUT Sulsel yang terinspirasi dari Paraga.

Paraga adalah kesenian tradisional yang biasanya dipentaskan pada berbagai acara seremonial maupun pertandingan yang terdiri dari enam orang laki-laki dengan pakaian adat Passapu`, dipadu dengan baju kantiu dengan celana barocci, untuk memperlihatkan keterampilan atau atraksi dalam memainkan bola raga atau bola takraw.

Tradisi permainan paraga dengan bola takraw yang terbuat dari anyaman rotan, dan dianyam sebanyak tiga lapis dengan makna filosofi, iktikad untuk memberi persangkaan baik dan keberpegangan pada kelurusan, karena Tuhan adalah segala sebab atau dalam bahasa Makasaar ampedecengngi makkatenning ri lempu’e, nasaba puangge passabakeng.

paraga

Pembuat logo HUT Sulsel ke 350, Fenddy, mengungkapkan, sengaja menggunakan tema paraga karna memiliki makna aktualisasi a’rannu-rannu atau senang-senang, sehingga sangat cocok untuk dijadikan inspirasi dalam membuat logo perayaan hari jadi Sulawesi Selatan yang ke 350 dan terinspirasi dari patung di Pantai Losari Makassar.

“Saya terinspirasi setelah melihat patung di Pantai Losari.” Kata Fenddy pembuat logo Hut Sulsel ke-350.(*)