Kembali Zona Merah, Walikota Palopo pimpin Rakor Penanganan Covid-19

9

Berandasulsel.com – Palopo, Rapat koordinasi sekaligus Evaluasi penanganan pasien covid-19 dan suspek di rumah sakit serta rencana persiapan RS pendukung perawatan dan isolasi pasien covid-19 bersama Direktur Rumah Sakit dan Kepala Puskesmas Se-Kota Palopo yang digelar di Auditorium Sakotae, Palopo, Minggu (27/12).

Walikota Palapo H.M. Judas Amir, mempertegas masalah yang kota Palopo dihadapi saat ini. Dimana virus corona malah makin berkembang. Hingga Palopo menjadi zona merah kembali.

” Ada orang yang ingin berobat lalu di curigai oleh para dokter dan petugas rumah sakit, mau di swab tetapi orang tersebut tidak mau. Saya takutkan pulang ke rumahnya, orang itu malah jadi penyebab penyebarluasan virus covid ini. Ini adalah hal-hal yang sempat terungkap oleh pertemuan kali ini, dan Insya Allah seluruh persoalan-persoalan kita akan atasi secara baik, sehingga esok dan seterusnya penanganan corona di kota ini insya Allah kita bisa atasi secara baik” Jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Palopo Firmanza DP, mengatakan bahwa ada beberapa hal yang mungkin penyebab penyebaranCorona meningkat karena banyak OTG atau Suspek yang tidak terawat atau terlayani, dan solusinya adalah bagaimana caranya kita tunjuk satu rumah sakit atau puskesmas atau tempat tertentu untuk menampung semua pasien suspek maupun OTG bisa kita rawat dengan baik.

Permasalahan berikutnya adalah kesadaran masyarakat yang masih rendah, dalam artia masih banyak orang kita tahu bahwa dia adalah suspek tetapi tidak mau di Swab, sehingga solusinya bagaimana kita perlu sosialisasikan yang lebih masif lagi kepada masyarakat termasuk kita bekerja sama dengan aparat keamanan. Kemudian Rumah Sakit Swasta bisa menyiapkan ruang-ruang khusus untuk menampung pasien yang kita tau dia OTG, dan tidak tau mau kemana sehingga menyebar lagi covid-19. (ril)