Jelang Musim Hujan, Pemkot Makassar Fokus benahi Drainase

81

Berandasulsel.com – Makassar, Jelang masuknya musim penghujan, Pemerintah Kota Makassar tengah fokus membenahi drainase, khususnya di enam kecamatan di Kota Makassar. Enam kecamatan ini menjadi fokus pembenahan dianggap menjadi wilayah yang paling rawan terjadi genangan saat musim hujan tiba.

Keenam kecamatan yang dimaksud adalah, Kecamatan Tamalate, Kecamatan Rappocini, Kecamatan Ujung Tanah, Kecamatan Biringkanaya, Kecamatan Tamalanrea, dan Kecamatan Makassar.

Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Air dan Drainase Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Muh Fuad Azis,mengatakan, Pemerintah kota Makassar akan melakukan persiapan khusus diantaranya, menambah pasukan satuan tugas (Satgas) khusus drainase, yang tadinya hanya 27 orang, kini menjadi 45 orang.

Selain itu juga meningkatkan Tim Anti Genangan, dan ada pula tim-tim pemantau. Tim pemantau bahkan dikatakan Fuad telah melakukan tugasnya sejak saat ini.
Secara total, ada 480 orang satgas yang tersebar di seluruh Kota Makassar. Dimana tugas mereka bukan hanya memantau enam kecamatan itu saja, melainkan juga seluruh kecamatan.

Penanggulangan genangan juga tengah dilakukan dan akan terus dilakukan. Antara lain melakukan pengerukan sedimentasi, melakukan gerakan bersih saluran drainase, dan membangun pintu-pintu air.

“Kalau satgas khusus drainase itu kita tugaskan di bangunan-bangunan pemerintah. Kalau tim anti genangan di setiap kecamatan. Kalau tim pemantau kita sebar ke setiap wilayah, dan sudah jalan sekarang, selain itu kami mengajak seluruh stakeholder peduli kebersihan. Pak wali juga sudah mengingatkan kepada masyarakat untuk jangan sampai drainase ditempati sampah,” tambahnya.

Mengenai Anggaran khusus yang disediakan PU, masih akan menggunakan anggaran tahun 2019, karena hal itu sudah menjadi tugas dari pihak PU.(*)