Iqbal Suhaeb tanggapi Mekanisme Pilwalkot melalui DPRD

Berandasulsel.com – Makassar, Jelang proses Pemilihan Walikota Makassar 2020, berbagai calon sudah mulai melakukan sosialisasi. Namun ada wacana terkait suksesi walikota ini, salah satunya prihal pemilihan kepala daerah secara tidak langsung atau melalui DPRD kembali mencuat.

Ada keinginan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, yang hendak mengevaluasi pilkada langsung.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Makassar, Iqbal Suhaeb menilai, pengembalian sistem pemilihan kepala daerah ke tangan DPRD merupakan ide cemerlang. Menurutnya, proses pemilihan kepala daerah seperti sebelum era reformasi dianggapnya akan membutuhkan biasa yang sedikit.

“Keinginan Mendagri itu saya kira sangat bagus sekali, apalagi tentunya biaya proses itu akan lebih murah lagi, karena ada efesiensi biaya pilkada,” kata Iqbal.

Iqbal menambahkan, setiap calon kepala daerah tidak perlu untuk menghambur hamburkan dan memikirkan biaya untuk menjadi kepala daerah. Masyarakat hanya memilih wakilnya di DPRD dan DPRD memilih kepala daerah.

“Pemilihan kepala daerah seperti itu, akan mengurangi konflik dan perpecahan di tengah tengah masyarakat, sebagaimana selama ini kita liat banyak perpecahan gara gara pilkada,” ujarnya.

Olehnya itu, Iqbal mendukung seluruh langkah pemerintah pusat untuk mengembalikan aturan tersebut, sebab hal itu juga telah tertuang dalam sila ke empat Pancasila.(*)